Seputar PA se Kalsel
PA Pelaihari Tunjukkan Komitmen Inklusif Lewat Pelayanan di “POJOK LAPIS” bagi Penyandang Disabilitas
Selasa, 29 April 2025 | Pelaihari – Pengadilan Agama (PA) Pelaihari kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan yang ramah dan inklusif kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas dan kelompok rentan. Hal ini diwujudkan melalui pelayanan khusus yang diberikan di “POJOK LAPIS” atau Pojok Layanan Priority Excellent Service.
Dalam kegiatan layanan yang berlangsung hari ini, petugas PTSP PA Pelaihari memberikan pelayanan secara langsung kepada pihak berperkara penyandang disabilitas di area POJOK LAPIS. Konsep layanan ini berbeda dari layanan umum, di mana pengguna layanan duduk di tempat yang telah disiapkan secara khusus, dan petugas yang mendatangi langsung untuk memberikan layanan.
POJOK LAPIS dirancang sebagai inovasi pelayanan prioritas, memberikan aksesibilitas maksimal, kenyamanan, dan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas seperti tunanetra, tunarungu, tunawicara, serta kelompok rentan lainnya. Para petugas telah dibekali dengan pelatihan bahasa isyarat hasil kerja sama dengan SLB Negeri 1 Pelaihari, pelatihan pelayanan prima untuk penyandang disabilitas, serta didukung dengan SOP Pelayanan Prioritas, daftar pertanyaan khusus untuk Posbakum, dan kuisioner survei IPK dan IKM yang telah disederhanakan bahasanya agar mudah dipahami.
Ketua PA Pelaihari, Bapak H. Mawardi, S.Ag., M.H.I., menyampaikan bahwa POJOK LAPIS merupakan bentuk nyata dari pelayanan berkeadilan yang menjunjung tinggi kesetaraan hak bagi semua warga negara. “Kami ingin memastikan bahwa tidak ada satu pun warga yang mengalami hambatan dalam mengakses keadilan hanya karena keterbatasan fisik atau kondisi sosial,” tegasnya.
Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen PA Pelaihari dalam mendukung peradilan yang ramah disabilitas, inklusif, dan humanis, serta memperkuat pelayanan publik yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat rentan.