Seputar PA se Kalsel

Pertama Kali Pengadilan Agama Kandangan Sidang di Luar Gedung Sekaligus Penyerahan Produk

WhatsApp Image 2021 02 18 at 09.19.16

          Efektivitas sistem peradilan dan penegakan hukum sangat erat kaitannya dengan perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar warga negara. Pasalnya, semakin sulit sistem peradilan dan penegakan hukum, pemenuhan hak-hak dasar warga negara semakin jauh. Begitu juga dengan Peradilan Agama, banyak masyarakat menilai bahwa sangat sulit berurusan dengan pengadilan agama. Penyebabnya antara lain kantor pengadilan berada jauh dari  tempat tinggal mereka sehingga menyita waktu dan biaya yang tidak sedikit;

          Melihat permasalahan ini, Mahkamah Agung telah melakukan terobosan demi mempermudah urusan masyarakat dan warga yang berada agak jauh dari kantor Pengadilan yang terlilit kasus hukum keluarga. Terobosan yang dilakukan adalah sidang di luar gedung pengadilan (sebelumnya lebih denal dengan istilah sidang keliling).

WhatsApp Image 2021 02 18 at 09.19.15

          Pada hari Kamis tanggal 18 Februari 2021 Jam 09.00 WIB Pengadilan Agama Kandangan  mengadakan sidang keliling yang bertempat di balai Desa Padang Batung, Kecamatan Padang Batung,  Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kegiatan sidang keliling ini di-handle oleh 3 orang hakim dan 2 orang panitera pengganti, Alhamdulillah…. kegiatan ini berjalan dengan lancar karena Kepala Desa dan Perangkat Desa  Padang Batung sangat antusias mendukung kegiatan ini. Sarana prasarana seperti  ruangan, meja, kursipun mereka siapkan.

WhatsApp Image 2021 02 18 at 14.01.551  WhatsApp Image 2021 02 18 at 14.01.55

WhatsApp Image 2021 02 18 at 14.01.53  

          Setelah Persidangan Selesai dilanjutkan Penyerahan salinan Penetapan (perkara yang telah putus) dan langsung diserahkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kandangan Ibu Hikmah, S.Ag, M.Sy.  kemudian dilanjutkan Kepala Desa Padang Batung dan Hakim Pengadilan Agama Kandangan.

 
 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut


<-!---tawkto--->