Triwulan Pertama Tahun 2017, PA Kandangan Selesaikan Program Sidang Keliling

Kandangan – Senin (17/04/2017) Awal tahun 2017 menjadi catatan prestasi tersendiri bagi seluruh pegawai Pengadilan Agama (PA) Kandangan. Sesuai dengan apa yang telah direncanakan pada akhir tahun 2016, dengan mengucap alhamdulillah PA Kandangan berhasil menyelesaikan Pagu Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Tahun 2017, yaitu berhasil menyesaikan kegiatan pelaksaanaan sidang diluar gedung atau yang lebih familliar dengan sebutan sidang keliling dan kegiatan pembebasan Biaya Perkara dengan prosentase angka realisasi 100%.

 

 

Kegiatan ini telah direncanakan sejak akhir tahun 2016 dimana kemudian disesuaikan dengan anggaran yang diterima oleh PA Kandangan pada awal tahun 2017. Kegiatan yang langsung ditangani oleh Ketua PA Kandangan, Drs. H. Abdul Hamid, SH, MH menyelesaikan sejumlah 71 perkara untuk sidang keliling dan 32 perkara pembebasan biaya bagi masyarakat tidak mampu. Hal-hal lain yang mendukung suksesnya kegiatan tersebut ialah banyaknya permintaan masyarakat di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk dipermudah dalam proses persidangan di Pengadilan dan permohonan keringanan biaya dalam proses persidangan. Hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan program yang telah dicanangkan oleh Mahkamah Agung sejak dulu yaitu Justice for the all dan Justice for the poor.

 

 

Adapun perkara yang ditangani dalam kegiatan tersebut sebagian besar adalah perkara Permohonan, yaitu Pengesahan Nikah, Perubahan Identitas, Asal Usul Anak, dan ada juga perkara gugatan perceraian. Dengan Pagu DIPA awal untuk kegiatan Sidang Keliling sejumlah Rp. 14.400.000,- dan kegiatan Pembebasan Biaya Perkara sejumlah Rp. 7.000.000,- seluruhnya dapat diserap dengan prosentase angka realisasi mencapai 100%. Untuk kegiatan sidang keliling meliputi beberapa lokasi antara lain, Desa Lungau, Desa Kaliring, Desa Padang Batung, Desa Bamban Selatan, dan Desa Angkinang. Total untuk kegiatan sidang keliling ialah delapan kegiatan.

 

 

 

Walaupun kedua kegiatan tersebut telah selesai dan sukses dilaksanakan namun permintaan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan dilaksanakannya sidang keliling dan pembebasan biaya perkara dalam proses persidangan masih sangat tinggi. Diharapkan untuk tahun yang akan datang PA Kandangan mendapatkan peningkatan jumlah anggaran APBN sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dilingkungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (rizqon)

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

17 − two =