Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Banjarmasin Lakukan Pemeriksaan Reguler di PA Martapura

Martapura – Selasa (10/05/2016) Pukul 14.30 Wita bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama (PA) Martapura dilakukan ekspose hasil pengawasan oleh Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin. Tim Pengawasan dan pembinaan dari PTA Banjarmasin telah melakukan pengawasan di PA Martapura selama 2 (dua) hari mulai hari Senin tanggal 09 Mei 2016 sampai dengan Selasa tanggal 10 Mei 2016.

 

Tim Pembina dan Pengawas Daerah PTA Banjarmasin berdasarkan Surat Tugas dari Ketua PTA Banjarmasin Nomor W15-A/853/PS.01/V/2016 tanggal 22 April 2016, terdiri dari 3 (tiga) orang Hakim Tinggi yaitu Drs. H. Kasyful Anwar, S.H, M.H,  H. Shaleh, S.H, M.H, Drs. H. Nahiruddin, S.H, M.H. dan Hj. Nuzuliah (Panitera Pengganti) dan Annisa Oktaviani, S.H. (Pengadministrasi Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan). Adapun bidang yang dilakukan pengawasan adalah Manajemen Peradilan dan Pelayanan Publik, Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan, Administrasi Perkara/SIADPA/SIPP serta Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan.
Di awal kegiatan ekspose, Ketua PA Martapura H. Muhammad Hatim, Lc.  menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf kepada Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin kalau selama melaksanakan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Martapura ada hal-hal yang kurang berkenan dan menaruh harapan Pengadilan Agama Martapura kedepannya akan lebih baik dengan adanya pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pembinaan dan Pengawasan Daerah dari Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin. “Pembinaan dan pengawasan ini merupakan sudah menjadi agenda rutin, sehingga kita harus menyikapi secara positif, kalau seandainya nanti ada temuan-temuan dari Tim pengawas jangan merasa seperti disalahkan tapi ini sebagai bahan evaluasi dan pemicu kerja kita untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya”, ujar Ketua PA mengakhiri sambutannya.
Kemudian pemaparan hasil temuan berturut –turut disampaikan oleh Tim Pembina dan Pengawas, mulai dari Hj. Nuzuliah, S.H. yang menyampaikan hasil temuan di bagian kepaniteraan diteruskan bagian kesekretarariatan oleh Annisa Oktaviani, S.H. lalu oleh Hakim Tinggi Drs. H. Kasyful Anwar, S.H, M.H, Drs. H. Nahiruddin, S.H, M.H. dan terakhir  H. Shaleh, S.H,  M.H. yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim.
Ketua Tim H. Shaleh, S.H.,. M.H. menyampaikan dari hasil pengawasan selama 2 hari ini secara umum PA Martapura  sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, kalaupun ada temuan hanya sedikit tapi tidak mempengaruhi proses kinerja dari PA Martapura, oleh sebab itu setiap unsur yang ada di Pengadilan Agama Martapura kedepan harus selalu meningkatkan ketelitian, kecermatan dan profesionalisme terutama untuk mencapai PA Martapura yang lebih baik. Jadi tidak hanya gedung yang representative dengan segala kelengkapan fasilitas sebagai modal namun juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas aparatur sebagai pelaksana tupoksi untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan masyarakat pencari keadilan.
Diakhir ekspose ketua tim Shaleh, S.H.,M.H. mewakili rombongan tim pengawasan PTA Banjarmaisn mengucapkan terimakasih kepada Ketua PA Martapura H. Muhammad Hatim, Lc. beserta jajarannya yang sudah membantu tim bekerja dengan baik sehingga selama kami melakukan pembinaan dan pengawasan di PA Martapura ini alhamdulillah berjalan lancar. Kemudian ketua Tim menyerahkan dokumen hasil pengawasan kepada Ketua Pengadilan Agama Tanjung dilengkapi Kontrak Kinerja yang telah ditandatangani unsur pimpinan untuk ditindak lanjuti. (Muhkyar)

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

six + sixteen =