TAUSIAH RAMADAN 1437 H DI PENGADILAN AGAMA RANTAU

Tausiah Perdana Bulan Ramadan 1437 H

di Pengadilan Agama Rantau

Pada bulan Ramadan 1437 Hijriah yang penuh berkah ini Pengadilan Agama Rantau mengadakan kegiatan untuk memberi pencerahan hati dengan tausiahyang dilaksanakan setelah shalat zuhur berjamaah. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang aula Kantor Pengadilan Agama Rantau. Adapun yang bertindak sebagai  pembicara pada setiap kali tausiah sesuai jadwal yang telah diedarkan sebelumnya dan telah dijadwalkan oleh Ketua PA. Rantau, yaitu Ketua, Wakil Ketua, para Hakim Pengadilan Agama Rantau dan sebagian karyawan PA. Rantau.

 

Pada hari Kamis 9 Juni 2016 Masehi/4 Ramadan 1437 Hijriah setelah selesai melaksanakan ibadah shalat zuhur berjamaah yang diimami oleh Ahmad Fahlevi, S.H.I. (Hakim PA. Rantau).

Dilanjutkan dengan rangkaian acara pencerahan hati yaitu tausiah yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Bapak Drs. H. Rakhmat Hidayat, HS.,S.H.,M.H. (Ketua Pengadilan Agama Rantau). Bertindak sebagai pembawa acara adalah Hairuddin S.Ag. (Wakil Panitera PA. Rantau) sebagai pembuka kata, dilanjutkan dengan pembacaan kalam Ilahi yang dilantunkan dengan merdu oleh Drs. Samsul Aripin (Panitera Muda Gugatan).

 

Dalam tausiahnya Ketua PA. Rantau memformulasikannya dengan  rumus matematika yaitu 3 x 6, lebih lanjut beliau menerangkan bahwa angka 3 yaitu ada tiga hal, sedangkan 6 yaitu terdapat enam tempat/keadaan), yang beliau kutip dari Khulafaurrasyidin keempat yaitu Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah.

 

Adapun 3 x 6 itu sendiri beliau jabarkan sebagai berikut :

Pertama     :  tiga hal dalam hidup yang tidak bisa kembali, yaitu :

“waktu, kata-kata dan kesempatan.”

Kedua        :  tiga hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang, yaitu :“kemarahan, kesombongan dan dendam.”

Ketiga       :  tiga  hal yang tidak boleh hilang, yaitu :

“harapan/obsesi, keikhlasan dam kejujuran.”

Keempat   :  tiga hal yang paling berharga, yaitu :

“kasih sayang, keluarga/teman dan kebaikan.”

Kelima      :  tiga hal yang tidak pernah pasti, yaitu :

“kekayaan, kesuksesan dan mimpi.”

Keenam     :  tiga hal yang membentuk karakter, yaitu komitmen, ketulusan dan kerja keras.

Ketua PA. Rantau mengakhiri tausiahnya menyampaikan semoga rumus 3 x 6 tersebut dalam kita aplikasikan dalam kehidupan kita dan semoga dibulan Ramadan ini dan bulan-bulan selain Ramadan kita semua diberikan kesehatan, selalu dalam ridlo dan lindungan Allah SWT, dan segala amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT, sehingga kita mencapai derajatMuttaqin, Amin Allahumma Amiin….

 

 

Sebagai penutup acara tausiah tersebut, yaitu doa yang dipimpin oleh Ahmad Fahlevi, S.H.I. (Hakim PA. Rantau).

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

one × four =