Sosialisasi dan Pelatihan Instalasi Aplikasi SIPP di wilayah Peradilan Agama Kalsel


sip2 Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10-11 Februari 2016, bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

sip1
SIPP sendiri merupakan Aplikasi Sistem Informasi untuk Penelusuran Alur Perkara yang berbasis web. Ia merupakan otomatisasi dari Pola Bindalmin. Pengembangan aplikasi ini merupakan kerjasama antara Proyek SUSTAIN EU-UNDP dengan Mahkamah Agung RI guna membangun sistem informasi yang sesuai dengan pola Bindalmin dan terintegrasi.

sip3
Adapun aplikasi yang di sosialisasikan adalah SIPP 3.1.1 yang merupakan penyempurnaan dari SIPP yang telah terlebih dahulu diimplementasikan di 350 pengadilan negeri tingkat pertama seluruh Indonesia.

sip4
Di hari pertama kegiatan di isi dengan materi sosialisasi SIPP yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, seluruh Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, panitera, pejabat fungsional PTA Banjarmasin, juga diikuti para Ketua dan Panitera, serta operator IT Pengadilan Agama se Kalimantan Selatan dan dipandu oleh tutor SIPP yakni Dr.Sugiri Permana, S.Ag., M.H (Wakil Ketua PA martapura), Mohammad Anton Dwi Putra, SH. (hakim PA Banjarbaru) selaku anggota tim nasional implementasi SIPP lingkungan Peradilan Agama,  dan dilanjutkan sampai pada hari berikutnya dengan pemberian materi tentang instalasi oleh M. Syarif Fuadi (Ketua IT PTA Banjarmasin) yang juga selaku anggota tim nasional implementasi SIPP lingkungan Peradilan Agama.

sip7

Selama dua hari kegiatan berlangsung, peserta terlihat bersemangat dan mengikuti kegiatan pelatihan dengan seksama, mereka diberikan pelatihan cara menginstal server SIPP dan perangkat lunak pendukung lainnya, serta memigrasi data dari database SIADPA ke database SIPP.

sip5

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

14 − four =