Sidang Terpadu PA Pelaihari

Kebahagiaan Tersendiri, Melayani Masyarakat Kintap Kecil

 

plh

 

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Tibalah hari final yang menentukan (Kamis, 06/10) dari serangkaian persiapan yang telah dilakukan oleh Tim Penyelenggara Sidang Terpadu PA Pelaihari dalam beberapa minggu terakhir. Bermula dari keberangkatan tim sidang terpadu dengan dua mobil dinas pada pukul 07.30 WITA bertolak dari Kantor PA Pelaihari menuju Kantor Desa Kintap Kecil dengan jarak tempuh sekitar 81 km, dan tiba di tujuan tepat pukul 09.00 WITA.

 

Di lokasi sidang terpadu tersebut, Tim disambut dengan aura antusiasme masyarakat yang sudah menanti di ruang utama hingga ke teras depan. Sesaat setelah melangkah turun dari mobil, tim langsung disambut jabatan tangan dari aparat desa dengan ucapan, “Selamat datang di Desa Kintap Kecil” dengan penuh keakraban. Di lokasi juga kemudian hadir Camat Kintap, Masturi, SSTP., Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Hj. Nurhayati, S.H., Kapolsek dan Danramil Kecamatan Kintap, Kepala KUA Kecamatan Kintap, beserta Kepala Desa Kintap Kecil, Kepala Desa Pasir Putih dan jajarannya.

 

rusdiansyah pa pelaihari

 
Dalam sambutannya, Camat Kintap, Masturi, SSTP., tidak kuasa menyembunyikan semangat dan rasa gembiranya atas terselenggaranya acara ini. Beliau mengajak masyarakat agar dapat mengikuti dengan baik dan menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya acara ini dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kintap pada umumnya. Sambutan juga disampaikan oleh Hj. Nurhayati, S.H., Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanah Laut, dengan gayanya yang khas dan elegan menyambut program sidang terpadu dengan sukacita sekaligus memberikan pengarahan kepada masyarakat mengenai penerbitan E-KTP di stand khusus Dukcapil yang tersedia di bagian samping gedung utama Desa Kintap Kecil, beserta pembuatan akta kelahiran yang diterbitkan atas dasar Penetapan Isbat Nikah yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Pelaihari. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pelaihari, Rusdiansyah, S.Ag., dengan semangat pelayanan kepada masyarakat, menyampaikan pengarahan penting terkait mekanisme hingga tujuan hukum diselenggarakannya sidang isbat nikah ini dengan bahasa yang bernas dan lugas hingga masyarakat yang semula masih belum paham menjadi lebih tercerahkan.

 

sidang keliling terpadu kintap pa pelaihari

 

Masyarakat yang mengikuti sidang berasal dari dua desa yaitu Desa Kintap Kecil dan Desa Pasir Putih, Kecamatan Kintap. Proses persidangan berlangsung lancar sesuai dengan ketentuan hukum formil dan materiil. Setelah melalui persidangan para pihak dapat langsung memperoleh salinan penetapan yang dapat segera dipergunakan sesuai kebutuhan. Sekitar pukul 13.30 WITA, Rombongan PA Pelaihari yang terdiri dari Wakil Ketua PA Pelaihari, Rusdiansyah, S.Ag., Panitera H. Gazali, S.H. dan Sekretaris H. Yusriansyah, yang sebelumnya telah melakukan berbagai persiapan dan mengadakan survey ke lokasi, kemudian para hakim yaitu Fattahurridlo Al-Ghany, S.H.I., M.S.I. dan Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I.,  Para Penitera Pengganti Drs. Ma’mun dan H. Haryitno, S.H., para pegawai dan staff Muhammad Ridwan, S.H., Yusuf Haryadi, S.Kom., Bagus Ira B., S.Kom dan Kaspul Anwar, telah menyelesaikan tugas masing-masing. Rombongan tiba kembali di Kantor PA Pelaihari sekitar pukul 15.30 WITA. Tim sidang terpadu PA Pelaihari sangat bersyukur acara hari itu dapat berjalan dengan sukses dan memuaskan. Rasa lelah tidak terasa, tertutup oleh rasa bahagia karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

2 × 1 =