Seputar Peradilan

Banjarbaru, Pada tanggal 24-26 Maret 2021 berlokasi di Hotel Rodhita Banjarbaru, diselenggarakan acara Bimtek Kesekretariatan di Wilayah Pengadilan TInggi Agama Banjarmasin Tahun 2021 dengan tema : "Meningkatkan Kompetensi SDM untuk Meujudkan Peradilan Agama Berkelas Dunia". Bimtek kesekretariatan ini diikuti oleh 3 Kasubag yaitu Kasubag Umum dan Keuangan, Kasubag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan, dan Kasubag Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana dari 13 satker yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

IMG 20210330 122225 min

WhatsApp Image 2021 03 30 at 11.38.15

Pembukaan bimbingan teknis dilakukan mulai pukul 16.00 dan dilanjut dengan pembinaan dari Ketua PTA Banjarmasin yang dilaksanakan pukul 19.00. Pada pembinaan ketua PTA Banjarmasin dijelaskan mengenai Zona Integritas, dimana untuk mencapai Zona Integritas diperlukan dua aspek yaitu performance man/woman yang dicerminkan dengan pakaian, serta penampilan fisik yang dicerminkan dengan kondisi gedung.

Selain itu para pengdilan agama yang meraih predikat WBK juga diberikan kesempatan untuk membagikan tips dan trik mereka dalam meraih WBK.

PA Tanjung menjelaskan bahwa “modal utama dalam meraih WBK adalah hospitality dari semua orang yang dimulai dengan membangun chemistry dengan semua orang. selain itu, ciptakan juga inovasi kekinian yang diciptakan dari risk management & hasil survey. dan yang terakhir adalah harus mempresentasikan PTSP offline dalam PTSP online.”

PA Negara menjelaskan bahwa “penerapan zona integritas harus konsisten dengan komitmen dan harus diterapkan setiap hari. selain itu harus juga dilakukan monitoring yang terjadwal. inovasi yang dibuat juga haruslah inovasi yang menyentuh masyarakat dan jangan lupakan peranan media informasi terutama media sosial.”

dan yang terakhir PA Marabahan menjelaskan bahwa “untuk meraih WBK satker cukup membuat inovasi yang bersifat internal, sedangkan untuk meraih WBBM diperlukan inovasi yang bersifat eksternal sehingga akan lebih sulit. Selain itu jangan pernah merasa takut dengan pengaduan, karena itu adalah hak masyarakat. Satker juga harus cepat merespon peraturan pemerintah dan peraturan perundang-undangan”

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, sangat berharap agar semua Pengadilan Agama di wilayah Kalimantan Selatan agar dapat memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsii (WBK) di tahun 2021 ini.

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut


<-!---tawkto--->