Seputar Peradilan

Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin

dengan Pengadilan Agama Se Wilayah Kalimantan Selatan

Banjarbaru - Jumat (12/06/2020) bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dimulai pukul 09.00 WITA dilaksanakan Halalbihalal dan Rapat Koordinasi PTA. Banjarmasin dengan PA Se Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Ketua PTA. Banjarmasin, dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan.

Acara pertama yaitu Halalbihalal, yang diawali dengan pembukaan, pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjung yaitu M. Sa'dan, S.Ag, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PTA Banjarmasin yaitu bpk Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. Kemudian diteruskan tausiyah oleh bpk Dr. H. Jalaluddin, M.Hum. (Dekan Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin ). Selanjurnya acara penutupan halalbihalal.

1

2

3

4

Acara selanjutnya yaitu Rapat Koordinasi yang diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua PTA Banjarmasin sekaligus membuka acara secara resmi. Adapun Ketua PTA Banjarmasin memberikan apresiasi kepada satuan kerja Penilaian Prestasi Kinerja Triwulan I Tahun 2020 untuk PA Kelas IB yaitu: PA Martapura, PA Barabai dan PA Kelas 2 yaitu: PA Negara dan PA Banjarbaru. Ketua PTA Banjarmasin berpesan agar Triwulan II Tahun 2020 semakin ditingkatkan. Disini juga membahas pelaksanakan saat pandemi korona agar tetap menjalankan pelayanan dengan menggunakan protokol kesehatan. Bagaimana PTA Banjarmasin dan PA Se Kalimantan Selatan bekerja dan pelayanan seperti biasa dengan acuan Pimpinan mengatur dan memastikan sistem kerja secara akuntabel dan selektif, Hakim dan Aparatur Peradilan wajib masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja, Mengutamakan WFO sedangkan WFH hanya bersifat pengecualian. Ketua PTA Banjarmasin pun menyampaikan uraian tugas dan tanggung jawab Ketua Pengadilan Agama, uraian tugas dan tanggung jawab Wakil Ketua Pengadilan Agama, uraian tugas dan tanggung jawab Hakim Pengadilan Agama, uraian tugas dan tanggung jawab Panitera Pengadilan Agama, serta menyampaikan program unggulan PTA Banjarmasin 2020–2021 dan kelemahan satker dalam membangun Zona Integritas, serta rekomendasi MENPAN dalam meraih predikat Zona Integritas.

5

6

7

Panitera PTA Banjarmasin pun menyampaikan tentang kinerja SIPP dan Upload Putusan, administrasi perkara banding, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan upaya hukum (Kasasi dan PK), statistik kesalahan laporan perkara tahun 2020 per bulan.

9c

Sekretaris PTA Banjarmasin pun menyampaikan antara lain tentang penilaian SIKEP segera akan ada penilaian, BMN rusak harus dihapus jangan simpan digudang. Jadi hasilnya untuk mengganti barang yang dihapus, keuangan dan pelaporan, RK BMN harus diisi untuk bisa belanja modal.

9d

Dilanjutkan dengan presentasi sharing kiat -kiat sukses meraih predikat ZI WBK oleh Ketua PA Banjarmasin, Ketua PA Martapura dan Ketua PA Negara.

9b

8

9

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut


<-!---tawkto--->