Seputar Peradilan


Ekpose Hasil Pengawasan Hatibinwasda di Pengadilan Agama K
otabaru Kelas II

Bertempat di ruang aula Pengadilan Agama Kotabaru, pada hari Jumat,15 November 2019, diadakan acara ekspose terhadap hasil Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin terhadap Pengadilan Agama Kotabaru. Acara ini merupakan agenda rutin Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengadilan Agama khususnya dalam bidang Manajemen Peradilan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

hatibinwas 3

Pada acara ekspose ini Tim dari PTA Banjarmasin dipimpin oleh Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. (Ketua PTA Banjarmasin) didampingi Drs. H. Anwar Hamidy  Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah /Hatibinwasda PTA Banjarmasin) dan Hendra Surya, S.H., S.Sos., M.M (Kabag Umum dan Keuangan PTA Banjarmasin), sedangkan peserta diikuti oleh seluruh pegawai PA Kotabaru yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional Kepaniteraan, Pejabat Struktural Kesekretariatan, staf serta honorer.

hatibinwas 4

Ketua Tim menyampaikan bahwa semua temuan ditindaklanjuti dan hasil tindak lanjut dikirim paling lambat dalam waktu 1 (satu) bulan setelah expose ini serta melaporkan secara formal kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dengan disertai bukti pendukung.

hatibinwas 5

Dalam sambutannya Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy. selaku Ketua PA Kotabaru mengucapkan terima kasih kepada Tim dari PTA Banjarmasin yang telah melakukan pengawasan di PA Banjarmasin menyatakan akan segera menindaklanjuti temuan-temuan dari Tim PTA Banjarmasin tersebut dan kedepan akan berusaha agar PA Kotabaru semakin baik dalam melayani para pencari keadilan dan mengucapkan permohonan maaf apabila ada kekurangan maupun ketidaknyamanan selama melaksanakan pengawasan di PA Kotabaru

hatibinwas 2

Pada akhir acara, dilaksanakan serah terima kontrak kinerja dan hasil temuan oleh Ketua Tim Hatibinwasda kepada Ketua PA Kotabaru serta dilakukan foto bersama seluruh Tim Hatibinwasda dan pegawai PA Kotabaru

hatibinwas 6

hatibinwas 1

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut