Seputar Peradilan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan

di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin

Senin, 11 November 2019. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin mengadakan Upacara Bendera di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin. Pelaksanaan upacara ini berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1561/SEK/HM.01.2/11/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019.  Upacara bendera dihadiri oleh seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Pengadilan Agama Martapura Kelas IB dan Pengadilan Agama Banjarbaru Kelas II. Dan untuk Upacara bendera kali ini seluruh petugas upacara berasal dari Pengadilan Agama Martapura Kelas IB.

hari pahlawan1

Dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini “ seluruh Rangkaian kegiatan upacara dilaksanakan dengan semangat.

hari pahlawan2

hari pahlawan3

Saat Pembina Upacara yaitu Ketua PTA Banjarmasin Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H.,M.H. akan memasuki lapangan upacara, komandan upacara Mochammad Amrul Andalas Putra, S.Kom., M.M. langsung menyiapkan barisan. Acara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra PA Martapura yaitu Bapak M. Furkon, S.H.I., Bapak M. Yusran Shalih, S.Pd dan Ibu Annisa Oktaviani, S.H. dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara

hari pahlawan4

hari pahlawan5

Adapun susunan petugas Upacara lain adalah sebagai berikut :

Protokol Upacara : Noor Fatiah, S.Ag.

Ajudan : H. Ahmad Salim Ridha, S.Ag

Pembaca Doa. : Mukhyar, S.Ag, S.H.

Pembaca Pembukaan UUD 1945 : Yuli Rahagina, S.H.

Dirijen : Happy Artha Pramada Wardani, S.Kom., M.M.

Pesan Pesan Pahlawan : Mhd. Habiburrahman, S.H.I., M.Sy.

hari pahlawan6

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara. dan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 serta pembacaan Pesan Pesan Perjuangan dari Para Pahlawan Nasional . selanjutnya Amanat Pembina Upacara dengan Membacakan amanat Menteri Sosial RI dan pembacaan doa.

hari pahlawan7

hari pahlawan8

Dengan pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan ke 74  diharapkan  kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu peringatan hari pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”

hari pahlawan9

Diharapkan seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Pengadilan Agama se wilayah Kalimantan Selatan terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh dalam hati sanubari, dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan meningkatkan rasa kebangsaan dan memperkokoh persatuan bangsa demi tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut