Seputar Peradilan

Acara Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin

 

Senin, 21 Oktober 2019, Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Kedatangan Tim Assesment Surveillance Evaluasi Implementasi APM yaitu Ibu Dra. Nur Jannah Syaf, S.H., M.H. dan Sutarno, S.I.P., M.M. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 PTA Banjarmasin, seluruh Tim APM PTA Banjarmasin berkumpul bersama untuk dilihat bagaimana Implementasi APM di PTA Banjarmasin.

apm

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dengan bersama sama membacakan basmallah. Dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI diteruskan dengan pembacaan Doa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Sutarno, S.I.P., M.M. dari Tim Tim Assesment Surveillance Evaluasi Implementasi APM. Dimana Tim datang bukan untuk menilai kinerja PTA Banjarmasin benar atau salah tapi untuk mengetahui bagaimana Kinerja sehari hari di PTA Banjarmasin apakah sesuai dengan SOP yang telah dibuat bersama sama.

Untuk menambah semangat seluruh hadirin maka seluruh hadirin dipersilahkan untuk berdiri dan menyerukan Yel Yel APM yang dipimpin oleh Sekretaris PTA Banjarmasin sekaligus sekretaris APM PTA Banjarmasin Bapak Hendriansyah, S.H., M.H.  Yel yel tersebut berbunyi :

MAHKAMAH AGUNG = UNGGUL

BADILAG = EXCELENT

PTA BANJARMASIN = MAJU

APM = BISA BISA BISA YES

Acara dilanjutkan dengan persentasi dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin  selaku Top Manajemen APM PTA Banjarmasin Bapak Drs. H. Sarif Usman, S.H.,M.H. Beliau memaparkan tentang Profil Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Struktur Organisasi PTA Banjarmasin, Peta Yuridiksi PTA Banjarmasin, Keadaan Perkara tahun 2018, sisa tahun lalu 1 perkara diterima tahun 2018 sejumlah 55 perkara dan diputus 56 perkara, Keadaan Perkara tahun 2019  s/d bulan September 2019, Keadaan Pegawai PTA Banjarmasin, Struktur Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Tahun 2019, Capaian yang telah dilaksanakan oleh PTA Banjarmasin pada masing – masing area APM (Kepemimpinan/leadership, Fokus Pengguna/customer focus, Managemen proses/proses manajemen, Rencana strategis/strategic planning, Manajemen sumberdaya/resources manajemen, Sistem dokumen/document system, Hasil kinerja /performance result, Inovasi yang dibuat dan diimplementasikan)

Dan masuk pada bagian acara Tanya jawab dengan Tim Assessment Surveillance Badilag MARI dengan seluruh Tim APM PTA Banjarmasin, seluruh Tim maupun perorangan secara acak diberikan pertanyaan menyangkut SOP dan Pekerjaan yang dilakukan sehari hari. Setelah Tanya jawab dilanjutkan dengan Penyampaian kesimpulan oleh TIM Assesment surveylence Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dimana PTA dinilai baik dalam penerapan APM meskipun masih ada yang perlu disempurnakan lagi dan mengapresiasi kesiapan PTA Banjarmasin dalam melaksnakan 3 kegiatan yang berbarengan waktunya dengan baik dan sukses.

Ketua PTA Banjarmasin sangat berterimakasih kepada TIM Assesment Surveillance Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang telah memberikan banyak ilmu tentang APM sehingga APM PTA Banjarmasin bisa berjalan dengan lebih baik lagi. Dan akhirnya acara ditutup dengan sama sama mengucapkan Hamdallah.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut