Seputar Peradilan

 

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di PTA Banjarmasin

 

Sabtu, 17 Agustus 2019, bertempat di halaman kantor Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Upacara bendera dihadiri oleh seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Pengadilan Agama Banjarmasin, Pengadilan Agama Martapura dan Pengadilan Agama Banjarbaru.

 

WhatsApp Image 2019 08 19 at 8.33.41 AM

Prosesi Pengibaran Bendera Merah Putih

 

Rangkaian kegiatan upacara diawali dengan seruan komando dari Pemimpin Upacara (H. Khulaifi - Security PTA Banjarmasin) seraya menyambut Pembina Upacara (Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. - KPTA) untuk memasuki lapangan upacara.

 

Adapun susunan petugas Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 adalah sebagai berikut :

Protokol Upacara : Tri Riasari Mahenda, S.Kom.

Ajudan : Husain Adam, S.Sos.I., S.Sy.

Pengibar Bendera : Erwani, S.H., M.M., Anjar Normatasari, S.H. dan Ahmad Syarif Fuadi, S.Kom.

Pembaca Proklamasi : Dr. H. Masruyani Syamsuri, S.H., M.H.

Pembaca Pembukaan UUD 1945 : Yendra Irwana, A.Md., S.E.

Pembaca Do'a : Drs. H. Mahjudi, M.H.I.

Dirijen : Noor Yulian Indah Lestari, A.Md.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin membacakan naskah sambutan MENRISTEK-DIKTI, yang pada pokoknya adalah bahwa momentum peringatan kemerdekaan yang ke-74 ini harus dimaknai sebagai pemersatu bangsa, dan kita wajib mempertahankan dan mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut.

 

Sebagaimana tema HUT Kemerdekaan RI “Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju”, Ketua PTA Banjarmasin mengajak kepada seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama di wilayah Kalimantan Selatan untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dan profesionalisme dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

 

WhatsApp Image 2019 08 19 at 8.34.03 AM

Penyerahan penghargaan Satya Lancana oleh KPTA Banjarmasin

 

Pada kesempatan itu, diselenggarakan pula seremonial penyerahan Piagam Penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden RI kepada hakim dan pegawai yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun serta Piagam Penghargaan Satya Karya dari Ketua Mahkamah Agung kepada pegawai Mahkamah Agung yang telah bertugas selama 8 dan 16 tahun.

 

WhatsApp Image 2019 08 19 at 8.34.16 AM

Pemotongan tumpeng dalam rangka syukuran HUT RI ke-74

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut