Seputar Peradilan

 

Asesmen Internal APM PTA Banjarmasin

 

PTA Banjarmasin, sejak tahun 2018 telah melaksanakan sistem manajemen mutu melalui Akreditasi Penjaminan Mutu dengan predikat A Excellent. Pada tahun 2019 adalah masa surveillance pertama. Standar APM yang digunakan oleh PTA Banjarmasin pun telah mengalami perubahan, pada tahun 2018 disebut SAPM hingga saat ini menjadi APM dengan beberapa perubahan yang cukup mendasar di dalamnya. Sehubungan dengan hal tersebut PTA Banjarmasin telah melakukan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada bulan Maret yang lalu.

 

DSC01190

 

Untuk mengukur implementasi APM di PTA Banjarmasin dan sekaligus mengevaluasinya agar dapat segera ditindaklanjuti segala kekurangannya, Asesor Internal PTA Banjarmasin di bawah koordinasi Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H. (Lead) dan anggotanya Drs. H. Arfan Muhammad, S.H., M.Hum., Dr. H. Masruyani Syamsuri, S.H., M.H., H. Shaleh, S.H., M.H. serta Drs. H. Wardi Syukri, S.H., M.H. melaksanakan asesmen internal yang diawali dengan Opening Meeting pada tanggal 31 Juli 2019.

 

Dalam sambutannya, Ketua PTA Banjarmasin Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. selaku Top Manajemen mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim PM PTA Banjarmasin yang telah mengimplementasikan APM. Kepada Asesor Internal, Top Manajemen memberikan kendali penuh untuk menilai APM baik dari segi implementasi maupun dokumennya. "Walaupun hanya internal, agar dinilai seobjektif mungkin agar menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya", ungkap Top Manajemen.

 

Lead Asesor menyampaikan bahwa sebagaimana program asesmen internal dan jadwal yang telah diajukan oleh Ketua TPM Dr. H. Insyafli, M.H.I. (Wakil Ketua PTA), asesmen internal ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019. Kepada seluruh Tim PM, Lead Asesor meminta kerja samanya agar asesmen internal ini dapat berjalan dengan baik.

 

DSC01218    DSC01221

DSC01226    DSC01230

DSC01236    DSC01232

 

Penilaian dilakukan dengan sistem panel per kategori ICPE, melalui metode observasi, wawancara dan verifikasi dokumen fakta (eviden).