Seputar Peradilan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PTA Banjarmasin Sanding BRI Berikan Pelatihan Service Excellence

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya pada bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), PTA Banjarmasin gelar Pelatihan Service Excellence bagi seluruh pegawai PTA Banjarmasin dan Petugas PTSP Pengadilan Agama pada Jum'at, 19 Juli 2019.

 

WhatsApp Image 2019 07 20 at 10.07.39 AM

 

Tidak tanggung-tanggung, PTA Banjarmasin mengundang BRI Cabang Martapura sebagai narasumber sekaligus pelatih. "Dalam hal pelayanan, tidak diragukan lagi instansi pemerintahan tidak terkecuali Pengadilan Agama perlu berkiblat pada penyedia layanan seperti BRI", ungkap Ketua PTA Banjarmasin (Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H.) saat membuka kegiatan pelatihan.

 

Fahrian Nor, Asisten Manajer Pemasaran Mikro (AMPM) BRI Cabang Martapura menjelaskan bahwa kita semua sudah ahli dalam memberikan pelayanan (service), namun hanya sebatas pemenuhan layanan saja, belum bernilai excellence. "Excellence berarti memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi (harapan) pelanggan:, ujarnya. Setiap pelanggan ingin dilayani dengan ramah dan baik, serta cepat dan tidak berbelit belit. Terlebih pelanggan yang datang ke Pengadilan Agama adalah orang yang sedang menghadapi masalah, berikan pelayanan yang dapat meredam masalah, berikan empati dan kepedulian dalam melayani.

 

WhatsApp Image 2019 07 20 at 10.07.42 AM

 

Puji Widayati Nuryani,  selaku Pimpinan Cabang BRI Martapura menambahkan bahwa penting menggunakan bahasa yang sifatnya berlaku secara umum yakni bahasa Indonesia, disamping itu juga gunakan bahasa tubuh, nada suara dan kata-kata yang membuat pelanggan selalu ingin berkomunikasi dengan kita. Volume, intonasi, artikulasi, istilah dan tempo dapat memberikan kesan pelayanan yang ramah, sopan dan santun.

 

Kegiatan pelatihan disertai dengan role play (bermain peran) antara pelanggan dan pemberi layanan, sekaligus diberikan tanggapan evaluasi oleh pelatih dari BRI.

 

WhatsApp Image 2019 07 20 at 10.07.42 AM1

 

Seluruh peserta tampak antusias mengikuti kegiatan Pelatihan Service Excellence tersebut dan diharapkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan semakin prima.

 

WhatsApp Image 2019 07 20 at 10.07.37 AM

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut