Seputar Peradilan

Sosialisasi SIPP Versi 3.2.0 di PTA Banjarmasin

 

PTA Banjarmasin melaksanakan sosialisasi SIPP versi terbaru tersebut kepada seluruh Hakim Tinggi dan unsur Kepaniteraan pada tanggal 23 April 2019 di Aula PTA Banjarmasin. Update SIPP Tingkat Banding versi 3.2.0 oleh yang telah dirilis oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Labuan Bajo pada tanggal 22 April 2019 mengusung beberapa fitur terbaru.

 

peserta 2

 

Ketua PTA Banjarmasin Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H., menyampaikan kepada seluruh Hakim Tinggi dan Kepaniteraan agar melaksanakan SIPP secara tertib dan benar, mulai dari tahap pendaftaran hingga minutasi. Lebih lanjut beliau menghimbau agar data perkara yang sudah diminutasi kembali diperiksa kevalidan datanya pada SIPP oleh Majelis Hakim yang bersangkutan agar tidak terjadi kekeliruan data antara berkas perkara dengan data pada SIPP Tingkat Banding.

 

ketua

 

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Panitera Pengganti PTA, Husain Adam, S.Sos.I., S.Sy. yang telah mengikuti training SIPP Tingkat Banding versi 3.2.0 di Bekasi pada tanggal 12 s/d 14 April 2019 lalu.

 

Beberapa fibaru yang diakomodir oleh SIPP versi terbaru ini antara lain
1. Fitur Monitoring pada halaman dashboard
2. Penetapan Kembali Hari Sidang
3. E-Dokumen Putusan dan Putusan Anonimisasi yang terintegrasi dengan Direktori Putusan MA RI
4. Tanggal minutasi dan pengiriman berkas

 

Seluruh peserta sosialisasi dengan antusias membuka portal latihan SIPP Tingkat Banding Versi 3.2.0. Ahmad Syarif Fuadi, S.Kom. selaku administrator SIPP untuk PTA Banjarmasin membedah satu persatu fitur tambahan pada SIPP yang baru.

 

adam

 

Poin penting yang menjadi fitur unggulan adalah beberapa fitur monitoring bagi pimpinan dalam memantau kinerja penyelesaian perkara melalui SIPP Banding dan monitoring delegasi untuk melihat kepatuhan Pengadilan Agama di wilayahnya dalam pelaksanaan bantuan panggilan sidang dan bantuan pemberitahuan putusan.

 

Sosialisasi disertai dengan simulasi pengaburan atau anonimisasi putusan mengingat adanya fitur integrasi dengan Direktori Putusan, hal ini tentunya sangat memudahkan Hakim Tinggi dalam rangka peningkatan implementasi one day publish di PTA Banjarmasin.