Seputar Peradilan

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas PTA Banjarmasin

 

Pada Selasa, 5 Maret 2019 dilaksanakan sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM kepada seluruh jajaran PTA Banjarmasin dan PA yang menjadi pilot proyek Pembangunan ZI, yaitu PA Banjarmasin, PA Martapura, PA Barabai dan PA Tanjung sebagai tindak lanjut dari surat Dirjen Badilag Nomor 3539/DJA/HM.00/XII/2018, tanggal 18 Desember 2018, perihal "Penerapan Zona Integritas Menuju Wilayah WBK dan WBBM di Lingkungan Peradilan Agama".

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PTA Banjarmasin Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H. yang telah menghadiri sosialisasi Zona Integritas di Ditjen Badilag pada tanggal 26 dan 27 Februari 2019 yang lalu, mengajak seluruh jajaran PTA dan PA untuk dapat melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dengan maksimal dan sukses. "Komitmen sangat penting dalam pelaksanaan ZI, khususnya empat pilar pimpinan Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris", tandas beliau.

 

Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Dr. H. Insyafli, M.H.I. menyampaikan kepada Ketua PTA bahwa Tim Pembangunan ZI di PTA Banjarmasin sudah mulai bergerak dan menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan.

 

Sekretaris PTA Banjarmasin menyampaikan poin-poin yang akan menjadi penilaian dalam asesmen eksternal ZI, yaitu dua komponen, 60% komponen pengungkit yang terdiri dari 6 area dan 40% komponen hasil yang terdiri dari penilaian survey anti korupsi, survey kepuasan dan hasil evaluasi LKjIP.

 

Lebih lanjut, Panitera PTA Banjarmasin yang pada hari Senin, 4 Maret 2019 telah melakukan studi banding ke PA Surabaya yang telah sukses melaksanakan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM menyampaikan hal-hal apa saja yang krusial dan wajib dipenuhi sebagai persyaratan pembangunan ZI.