Seputar Peradilan

Sosialisasi Aplikasi E-Register Perkara PA se Kalsel

 

Pada Kamis, 21 Februari 2019 bertempat di Aula PTA Banjarmasin dilaksanakan sosialisasi Aplikasi E-Register Perkara kepada seluruh Pengadilan Agama se Kalsel. Sebagaimana tindak lanjut dari surat Direktur Jenderal Badilag Nomor  0424/DJA/HM.00/II/2019, tanggal 11 Februari 2019 perihal "Penerapan Administrasi Register Perkara dan Keuangan Perkara Secara Elektronik pada Peradilan Agama".

 

Sejalan dengan instruksi tersebut, PTA Banjarmasin telah mengambil langkah terlebih dahulu dengan membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) TI Putra Banua yang bertugas untuk mengembangkan inovasi-inovasi terkait penerapan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas pokok peradilan di lingkungan PTA dan PA se Kalsel. Berkat kinerja dari Tim Satgas dan dukungan Pimpinan PTA Banjarmasin serta PA se Kalsel, Tim Satgas telah berhasil mengembangkan aplikasi E-Register Perkara yang saat ini telah diinstal di seluruh PA se Kalsel.

 

Dalam sambutannya, Ketua PTA Banjarmasin berharap aplikasi ini dapat diterapkan dengan baik dan dapat memberikan solusi atas permasalahan nasional saat ini yakni kekurangan SDM. Dan kepada Tim Satgas, Ketua PTA Banjarmasin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang luar biasa. "Nanti hari senin, progres aplikasi E-Register Kalsel ini akan saya laporkan dan presentasikan kepada Dirjen Badilag", ungkap beliau dengan nada bersemangat. Lebih lanjut beliau menghimbau kepada seluruh jajaran PA se Kalsel untuk terus mengambil langkah inovatif, dan tidak ragu dalam menerapkan inovasi tersebut yang tentunya sudah ada payung hukumnya, jika kita selalu memikirkan kendala-kendala dan faktor penghambatnya saja, maka kita tidak akan melangkah maju.

 

Ketua PA Martapura, Dr. Sugiri Permana, S.Ag., M.H. selaku Ketua Tim Satgas TI Putra Banua mempresentasikan bagaimana cara kerja dan kelebihan aplikasi E-Register Perkara dengan didampingi Akhmad Isro (Anggota Satgas dari PA Martapua).