Seputar Peradilan

DDTK SIPP Banding Kepaniteraan PTA Kalsel

Pada Rabu, 6 Februari 2019, bertempat di Aula PTA Kalsel, dilaksanakan DDTK tentang SIPP dalam rangka meningkatkan implementasi teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan tupoksi lembaga peradilan. DDTK diawali dengan arahan dari Wakil Ketua PTA Kalsel.

  ddtk sipp 2

Wakil Ketua PTA Kalsel menghendaki bahwa SDM khususnya Kepaniteraan di PTA harus memiliki standar kualitas yang lebih dari PA, karena dari nama lembaganya saja memuat kata “Tinggi”. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan cara pelatihan dan DDTK. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat mewujudkan implementasi SIPP yang optimal.

Ahmad Syarif Fuadi, S.Kom. staf Kepaniteraan PTA, sekaligus sebagai trainer DDTK, menyampaikan bahwa terdapat 3 kerangka besar yang akan diajarkan kepada pejabat Kepaniteraan PTA, antara lain adalah SIPP Banding, SIPP MA, dan Direktori Putusan MA RI.

 ddtk sipp 9

“Melalui 3 hal tersebut di atas dapat dilihat secara real time dan up to date, seberapa jauh kinerja PTA dan PA, SIPP Banding digunakan untuk mendukung pelaksanaan administrasi perkara di PTA, sedangkan SIPP MA dapat digunakan untuk pengawasan data perkara hingga memonitoring pelaksanaan one day minute. Untuk memantau proses one day publish, digunakan Direktori Putusan MA RI”, ungkap Syarif.

Seluruh pejabat Kepaniteraan PTA Kalsel tampak antusias mengikuti seluruh materi DDTK. Sebagian besar sudah menguasai penggunaan aplikasi SIPP PTA, namun untuk menjaga kualitas implementasinya, perlu dilakukan DDTK secara berkala.

 ddtk sipp 5  ddtk sipp 6