Seputar PA se Kalsel

Pada Bulan Desember 2020 Dalam Jadwal Sidang Pengadilan Agama Kandangan terdapat satu perkara yang diagendakan mediasi. Wakil Ketua PA Kandangan YM Hikmah, S.Ag, M.Sy. bertindak selaku Hakim Mediator pada kesempatan ini, dalam perkara jenis perkara Cerai Gugat. Mediasi diikuti kedua belah pihak Penggugat & Tergugat, dan berjalan lancar serta tercapai Kesepakatan Perdamaian Sebagian sebagaimana tertuang dalam Laporan Mediator kepada Hakim Pemeriksa Perkara tersebut.

Mediasi 2020

Dalam pokok perkara perceraian yang diajukan tidak terdapat kesepakatan damai dan kedua belah pihak tetap berniat melanjutkan proses persidangan perkara Cerai Gugat tersebut. Namun dalam pelaksanaan mediasi terdapat Gugatan Asesor/ Gugatan tambahan terhadap gugatan pokok yang menemui titik temu atau kesepakatan antara kedua belah pihak. Dimana jika proses perceraian selesai nantinya, akibat hukum yang timbul telah disepakati oleh kedua belah pihak penyelesaiannya. Yaitu tentang nafkah anak dan hak asuh anak Penggugat & Tergugat. Dinamakan Kesepakatan Perdamaian Sebagian karena tercapai Kesepakatan dalam Gugatan Asesor terhadap gugatan pokok, namun Dalam hal gugatan pokok tetap tidak tercapai kesepakatan damai.

WhatsApp Image 2020 12 10 at 13.00.46

Setelah kedua belah pihak menyampaikan kesepakatannya, Hakim Mediator menuangkan Kesepakatan Perdamaian Sebagian tersebut kedalam beberapa pasal di Laporan Mediator. Kemudian kedua belah pihak Penggugat & Tergugat menandatangani Kesepakatan itu, dan akan menjadi bagian dari Putusan perkara nantinya jika perkara tersebut putus. Kesepakatan ini bersifat mengikut dengan Gugatan Pokok Perkara, jika gugatan pokok selesai diputus maka barulah Kesepakatan ini berlaku.

Pimpinan Pengadilan Agama Kandangan mengapresiasi keberhasilan mediasi pada tahun 2020 ini yang lumayan banyak meraih keberhasilan dan berharap kedepannya penyelesaian perkara di Pengadilan Agama Kandangan banyak yang terselesaikan dengan proses mediasi.

 

Sumberhttp://pa-kandangan.go.id/seputar-peradilan/346-hakim-mediator-kembali-menorehkan-keberhasilan-mediasi.html

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut


<-!---tawkto--->