Rapat Pembinaan Ketua PTA Banjarmasin di PA Pelaihari

HM. Said Munji: “Kita Harus Melakukan Kesalehan Birokrasi”

 

pembinaan PA Pelaihari

KPTA Banjarmasin sebagi nara sumber dan Wakil Ketua PA Pelaihari selagai Moderator [Foto: Mushaddiq]

Pelaihari I pa-pelaihari.go.id
Ketua PTA Banjarmasin Drs. H.M. Said Munji, S.H., M.H. minta jajarannya melakukan kesalehan birokrasi dan kesalehan struktural. Caranya lakukan koordinasi dan konsolidasi ke dalam jangan ada kesalahan sekecil apapun dan tidak memungut biaya di luar ketentuan. Termasuk kesalehan birokrasi adalah melaporkan hal-hal yang memang harus diketahui pimpinan PTA Banjarmasin, jangan langsung ke Pak Dirjen.

“Saya sudah sampaikan kepada Pak Dirjen kalau ada surat dari Kalimantan Selatan tanpa sepengetahuan saya, tolak,” Ujar KPTA dengan nada tegas kepada Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama  Se- Kalimantan Selatan pada acara pembinaan, Jumat, (15/1/2016) di PA Pelaihari.

 

Pembinaan KPTA Banjarmasin PA Pelaihari

Hadirin tampak serius memperhatikan paparan nara sumber [Foto: Mushaddiq]

Melangkahi PTA merupakan perbuatan yang tidak soleh. Ia mengaku kaget ketika Pak Dirjen lebih tahu kondisi daerahnya dibanding dirinya sebab tidak berkoordinasi dengan PTA.

“Saya mohon di 2016 hal seperti itu jangan sampai terjadi lagi,” Pintanya.

Selanjutnya KPTA instruksikan, agar keputusan bersama yang telah disepakati pada acara bedah berkas di Hotel Blue Atlantic Banjarmasin (9-11/6/2015) agar dijadikan pedoman. Rumusan berisi hukum acara, teknis pemeriksaan dll sudah disempurnakan dan menjadi kebijakan PTA Banjarmasin. Rumusan tersebut DOWNLOAD DISINI.

Langkah tersebut diambil, karena masih terdapat berbedaan di masing-masing PA. PTA menginginkan adanya keseragaman dalam rangka memudahkan pelayanan dan tertib administrasi peradilan.
“Kalimantan Selatan harus bisa tampil anggun, bikin layanan EDC (Elektronic Data Capture) saja bisa, meraih International Organization for Standardization (ISO) juga bisa, masa hal-hal teknis tidak bisa?,” Kata KPTA memotivasi hadirin.

Hal penting lain yang disampaikan, KPTA minta kepada seluruh jajarannya agar semangat dalam membangun sehingga ke depan lebih baik. Seperti tata kelola administrasi, organisasi, finansial, persidangan, pelayanan kepada pencari keadilan juga kebersihan kantor. Tanamkan semangat, tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Terkahir, KPTA ingatkan agar pimpinan pengadilan harus memiliki akhlaqul karimah sehingga dapat menjadi contoh teladan bagi anak buahnya, itu yang penting.

Acara pembinaan berlangsung dengan tertib berkat keahlian Moderator/Wakil Ketua PA Pelaihari Dra. Hj. St. Masyhadiah D, M.H. dalam mengendalikan acara. Mulai muqadimah, mempersilakan Nara sumber menyampaikan pembinaan, membuka ruang tanya jawab, membatasi penanya dan mengambil tindakan lainnya.

 

Pembinaan KPTA Banjarmasin di PA Pelaihari

Ketua PA Pelaihari Drs. H. Amir Husin, S.H. menyampaikan sambutan selamat datang [Foto: Mushaddiq]
Di awal, Ketua PA Pelaihari Drs. H. Amir Husin, S.H. menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan seraya berterimakasih kepada KPTA Banjarmasin yang telah memberi kepercayaan kepada PA Pelaihari menjadi tuan rumah dan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan ini.

Rangkaian acara aman dan terkendali. Bertindak selaku MC Hj. Rahmatul Janah, S.Ag. dan pembaca doa Rashif Imany, S.H.I., M.S.I. [Muh. Irfan Husaeni-Respati]

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

18 + 20 =