Perpustakaan Pengadilan Agama Martapura Memiliki Buku Langka Berusia 59 tahun

Martapura (27/06/2016) Dalam rangka pembenahan perpustakaan Pengadilan Agama Martapura dibantu dengan dua orang pustakawan daerah Kabupaten Banjar, melakukan pengeloaan perpustakaan Pengadilan Agama Martapura secara menyeluruh. Diawali dengan mengklasifikasi buku yaitu dengan mengelompokan buku-buku secara sistematis berdasarkan kelas (tema buku), sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang dimaksud.

 

Tahap pengelolaan perpustakaan berikutnya adalah meregister buku dengan mencatat informasi buku dari judul , pengarang, penerbit, bahasa hingga jumlah buku, sehingga dapat diketahui  jumlah total buku yang dimiliki perpustakaan Pengadilan Agama Martapura. Setelah melalui beberapa proses pengelolaan buku perpustakaan diperoleh total sekitar 1.136 buku yang dimiliki oleh Perpustakaan Pengadilan Agama Martapura.
Ada hal yang menarik saat proses pengelolaan perpustakaan Pengadian Agama Martapura, dari sekitar seribu buku terdapat satu buku yang bisa dikatakan “buku langka” karena jika dihitung dari segi usia buku , telah mencapai 59 tahun. Buku yang paling senior dari koleksi buku-buku perpustakaan Pengadilan Agama Martapura ini disusun atau diterbitkan sekitar tahun 1957.

Dengan kondisi buku yang bisa  dikatakan kurang layak  namun nilai sejarah buku tersebut sangat tinggi sehingga bisa membuka sejarah berdirinya Pengadilan Agama Martapura dan buku tersebut adalah “Kumpulan Surat Keputusan Kerapatan Qadhi Martapura Th.1957”

 

Halaman pertama buku kumpulan putusan Qadhi ini terdapat Daftar Pahrasat Keputusan (Daftar isi) yang mencantumkan nomor perkara, tanggal, nama pihak dan jenis perkara,dari nomor perkara 1 sampai dengan nomor perkara 151. Pada  putusan  Qadhi tersebut menggunakan perpaduan bahasa antara bahasa Indonesia dengan ejaan lama dan bahasa Banjar. Putusan yang diketik dengan mesin ketik manual ini, di tandatangani oleh ketua majelis H. Husain Qadry yang merupakan ketua Kerapatan Qadhi Martapura saat itu sedangkan  wakil ketua yaitu H. Muhammad Nur.(hpy)

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

two × 5 =