Pengawasan Reguler Mahkamah Agung RI Di PA Banjarmasin

Selasa 7 Agustus 2017  Tim Pengawasan  Reguler Mahkamah Agung RI melakukan pengawasan reguler di Pengadilan Agama Banjarmasin. Pemeriksaan ini sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah  AgungRepublik Indonesia Nomor : KMA/080/SK/ VIII/2P06  tanggal  24  Agustus 2006  tentang  Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan LembagaPeradilan;

 

 

Sebagai dasar kegiatan Surat Keputusan Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 62/BP/SK/VII/2017. Tanggal 31 Juli 2017. Tentang Penetapan Susunan Tim Pemeriksa Reguler Wilayah I dan Wilayah III Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

 

Surat Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 838/BP/PS.01/7/2017 tanggal 31 Juli 2017 yang ditujukan kepada 1. Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan. 2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin. Tentang penunjukan Hakim Tinggi untuk pemeriksaan Reguler di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kaliamantan Selatan.

 

Kedatangan Tim Bawas MARI yang hadir tepat pukul 08.30 waktu setempat tersebut langsung disambut dengan antusias oleh Dr. H. Murtadlo S.H., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin dan segenap pejabat Pengadilan Agama Banjarmasin. Kunjungan Tim Pengawas Reguler MARI di tahun 2017 ini sejatinya merupakan agenda kegiatan pengawasan reguler terhadap Pengadilan Agama Banjarmasin. Agenda pelaksanaan Pengawasan di Pengadilan Agama Banjarmasin dilaksanakan mulai tanggal 07/08/2017 s/d 11/08/2017.

 

 

Selanjutnya Ketua Tim Pemeriksa memperkenalkan diri dan anggota timnya Untuk Tim Pemeriksa Pengadilan Agama Banjarmasin terdiri dari Taufiq Hamami ( Ketua Tim ), Kusnoto ( Anggota ). Sri Widayanti ( Sekretaris) Nur Susana Tifa (Audiwan) dan M. Ulul Ilmi (Staf Pemeriksa).

 

Tim tersebut  di dampingi oleh Hakim Tinggi dari PTA Banjarmasin, berdasarkan Surat Tugas PLH. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Nomor : W15-A/1244/PS.01/8/2017. Tanggal 3 Agustus 2017.   1. Drs. Saherudin. 2. H. Supangkat S.H. M.Hum. dan 3 Drs. Izzuddin HM. S.H., M.H. untuk melakukan pendampingan Kegiatan Pemeriksaan Reguler Badan Pengawas Mahkamah Agung Republik Indonesia dari tanggal 7 s/d  11 Agustus 2017 di PA Banjarmasin.

 

 

Bertempat di ruangan Wakil Ketua. Hakim, Panitera, & Kepegawaian  Pengadilan Agama Banjarmasin,  tim Badan Pengawas Mahkmah Agung RI melakukan pemeriksaan. Dalam Pengawasan kinerja dan integritas Pengadilan Agama Banjarmasin 2017 yang dilakukan di Pengadilan Agama Banjarmasin oleh  Tim Bawas MARI meliputi Manejemen Peradilan (Program Kerja), Administrasi Perkara (Register perkara dan pembukuan lainnya), Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan (Berita Acara Sidang dan Putusan hakim), Kinerja Pelayanan Publik dan Administrasi Umum (Kepegawaian, Umum dan Keuangan),

 

Harapan  dari Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin Dr. H. Murtadlo S.H., M.H dengan ada pemeriksaan Tim Bawas MARI ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas kinerja pegawai dan pelayanan publik terhadap masyarakat pencari keadilan. Hal ini juga diharapkan untuk mendapatkan hasil yang positif bagi perkembangan dan kemajuan Pengadilan Agama Banjarmasin.

 

 

Diakhiri dengan ekspos di PTA Banjarmasin hari kamis, 10 Agustus 2017 jam 14.00 Wita s/d selesai. Yang dihadiri oleh Ketua PA Banjarmasin dan Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri yang diperiksa serta Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan Tim Bawas MARI, Ekspos pun ditutup oleh Inspektur wilayah III Bawas MARI H. Iswan Herwin.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

14 − eleven =