Pengawasan Dan Pembinaan Rutin Pada Pengadilan Agama Banjarmasin Di Bulan April 2016

Pengawasan dan Pembinaan pada Pengadilan Agama Banjarmasin oleh Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, dilakukan selama 2 hari, sejak tanggal 25-26 April 2016. Tim Pengawas terdiri dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, dengan susunan tim pengawas:

  1. Drs. H. Moh Munawar, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin
  2. Dr. Drs. H. Masruyani S, S.H, MH, Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin
  3. H. Shaleh, SH, MH, Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin
  4. H. Ma’sum Umar, SH, MH, Panitera Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin
  5. Muhammad Hatta Rijani, SH, Staf Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin

 

Tim Pengawas dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin melakukan pengawasan dan evaluasi pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Manajemen Peradilan
  2. Administrasi Peradilan dan Pelaksanaan Putusan
  3. Administrasi Umum dan Keuangan, Kepegawaian dan Organisasi Tatalaksana serta Perencanaan IT dan Pelaporan

(Tim pengawas PTA Banjarmasin sedang melakukan pemeriksaan di berbagai bidang di masing – masing ruangan)

 

Pengawasan pada bidang-bidang dimaksud, dilakukan sejak tanggal 25-26 April 2016. Tim melakukan pemeriksaan berdasarkan kompetensi bidangnya masing-masing, setiap berkas dan hal yang terkait dengan peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Peradilan dievaluasi secara cermat. Selama dua hari pengawasan dan pembinaan terjadi komunikasi aktif antara Tim Pengawas dan SDM yang bersangkutan, sehingga SDM yang bersangkutan banyak mendapatkan informasi yang baik guna peningkatan mutu layanan kinerja yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai PNS pada Pengadilan Agama Banjarmasin.

 

Hasil temuan Tim Pengawas,

Kemudian diexpose pada tanggal 26 April 2016, dimulai pada pukul 14.30 – 16.30 WITA, expose dilaksanakan di ruang sidang II Pengadilan Agama Banjarmasin. Pada umumnya Tim Pengawas mengakui bahwa capaian kinerja pada bidang-bidang yang dievaluasi dalam pengawasan triwulan pertama tahun 2016 pada Pengadilan Agama Banjarmasin, pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang sesegera mungkin untuk diselesaikan agar capaian kinerja pada bidang-bidang dimaksud dapat sesuai dengan standar yang diharapkan.

(Tim Pengawas dari PTA Banjarmasin sedang menyampaikan Hasil Expose)

 

Dalam kegiatan expose kali ini, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Drs. H. Moh Munawar, selaku Koordinator Tim Pengawas, memberikan beberapa pengarahan sebagai berikut:

  1. Kepada Ketua dan Panitera serta Sekretaris pengadilan Agama Banjarmasin, agar menindak lanjuti hasil temuan yang ditemukan oleh Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, dengan melibatkan seluruh SDM yang ada pada Pengadilan Agama Banjarmasin.
  2. Kedisiplinan dalam segala jenisnya harus menjadi prioritas utama dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk mencapai kualitas kinerja yang sesuai standar.
  3. Dalam membuat putusan untuk lebih teliti dan cermat, jangan sampai ada kesalahan sekecil apapun yang berakibat sangat fatal jika para pihak nantinya mengajukan upaya hukum, maka disanalah akan terlihat kesalahan-kesalahan walaupun hanya salah ketik, putusan yang merupakan produk pengadilan harus berkualitas, hakim dalam memutus perkara harus memperhatikan dan mempertimbangkan setiap bukti-bukti yang diajukan oleh kedua belah pihak yang berperkara secara cermat,

(Karyawan Pa Banjarmasin sedang mendengarkan hasil expose dari PTA Banjarmasin)

 

Pada kesempatan itu pula, sebagai bentuk pembinaan, Tim pengawas meminta kepada seluruh pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Banjarmasin untuk meningkatkan kinerja terutama dalam bidang pelayanan publik, sehingga nantinya para pihak pencari keadilan di wilayah Pengadilan Agama Banjarmasin akan merasa puas dengan segala bentuk pelayanan publik yang dilakukan oleh aparat peradilan di lingkungan Pengadilan Agama Banjarmasin.

 
Tak lupa pula, Ketua Pengadilan Agama Banjarmasin, Drs. H. Muhammad Alwi, M.H, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pengawasan dan bimbingan yang telah dilakukan di Pengadilan Agama Banjarmasin dan penyampaian  hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Tim Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah (Hatibinwasda) berserta para pendamping. Beliau juga memohonkan maaf apabila dalam pelaksanaan pekerjaan selama ini masih terdapat beberapa kekeliruan yang menjadi temuan oleh tim Pengawas, sembari berjanji bahwa kekeliruan tersebut dapat segera di perbaiki untuk kedepannya.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

two + 20 =