Pengantar Tugas Hakim Multitalenta PA Pelaihari

Pengantar Tugas Hakim Multitalenta PA Pelaihari

Karikatur YM. Muh. Irfan Husaeni, S.Ag., M.S.I.

 

Pelaihari | pa-pelaihari.go.id

Selasa [20/09/2016] adalah hari yang bersejarah bagi Pengadilan Agama Pelaihari, bersejarah karena akan dicetak dalam bingkai kenangan seluruh pegawai PA Pelaihari. Hari itu adalah acara pelepasan pengantar tugas bagi salah seorang Hakim PA Pelaihari yang telah banyak memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan PA Pelaihari. Nama Muh. Irfan Husaeni S.Ag, M.S.I sudah begitu familiar kiprahnya dalam beberapa kegiatan yang mengantarkan Pengadilan Agama Pelaihari dikenal dunia luar, pelaksanaan sidang terpadu dan sebagai contributor website adalah salah satu peran beliau. Berbagai tulisan beliau dalam artikel website dan berita kegiatan PA Pelaihari merupakan andil beliau dalam meluangkan waktu disela-sela kegiatan sidang.

 

Acara pelepasan pengantar tugas YM. Muh. Irfan Husaeni, S.Ag, M.S.I mengambil tempat di ruang Sidang Utama dengan dihadiri seluruh keluarga besar PA Pelaihari, dalam barisan yang hadir juga tampak Sekretaris PA Banjarmasin Drs. Abdul Mujib yang merupakan mantan Panitera/Sekretaris PA Pelaihari yang semasa beliau bertugas di PA Pelaihari sosok YM. Muh. Irfan Husaeni adalah partner kerja yang banyak membantu pelaksanaan berbagai macam kegiatan kantor.

 

Hakim PA Pelaihari Ita Qonita, S.H.I menyampaikan sepatah kata di depan hadirin. [foto: Respati]

 

Dalam susunan acara itu yang didaulat untuk memberikan sambutan bagi yang ditinggalkan adalah YM. Ita Qonita, SHI, ditunjuknya YM. Ibu Ita Qonita bukan tanpa alasan karena beliaulah yang dianggap ibu Ketua PA Pelaihari YM. Dra.Hj. Masyhadiah D, MH sebagai orang yang sangat mengenal sosok YM. Muh. Irfan Husaeni. Dalam sambutannya YM. Ibu Ita Qonita sesekali menahan rasa sedih yang mendalam tampak dalam narasi beliau ada kata-kata yang terbata tertahan dengan tetesan bulir air mata yang mengalir, dalam sedikit canda yang beliau lontarkan kepada YM. Muh. Irfan Husaeni bahwa selama hampir 4 tahun bertugas di Kalimantan Selatan yang bersangkutan hanya bisa berbahasa banjar ulun, pian, bulikan [saya, kamu, pulang. Red] yang disambut dengan tawa para hadirin.

Ketua PA Pelaihari Dra. Hj. St. Masyhadiah D., M.H. menyampaikan sambutan. [foto: Respati]

 

Sementara itu dalam sambutannya YM. Muh. Irfan Husaeni mengatakan bahwa selama beliau bertugas di PA Pelaihari mendapatkan rasa kekeluargaan yang mendalam, terlaksananya berbagai kegiatan bukan karena sosok satu orang melainkan kerja sama tim yang baik selama ini. Beliau menambahkan saat inilah yang bersangkutan dan keluarga merasakan “puncak enjoy” selama bertugas, pernyataan tersebut dapat dibenarkan dengan begitu antusiasnya beliau bernyanyi karaoke setelah tugas kantor dan aktif dalam aplikasi smule. YM. Muh. Irfan Husaeni dan isteri yang berdiri di depan hadirin tampak serasi dengan pakaian corak sasirangan yang merupakan baju khas Kalimantan Selatan, “Saya sangat mencintai Kalimantan Selatan” kata beliau mengemukakan alasan tersebut. Kaitannya kepindahan beliau ke Pengadilan Agama Cibinong kelas I B adalah atas dorongan dan peranan ibu ketua PA Pelaihari, beliau berujar bahwa bukan PA Pelaihari tidak memerlukan sosok beliau melainkan sebuah sikap dari pimpinan PA Pelaihari yang bijaksana dan berjiwa besar merelakan beliau. Narasi sambutan yang ditutup dengan pantun dari YM. Muh. Irfan Husaeni dan Isteri membuat yang berhadir semakin larut dalam suasana antara bahagia dan haru. Sementara itu dalam sambutannya Ketua PA Pelaihari YM. Dra. Hj. Masyhadiah D, MH mengucapkan rasa terimakasih yang begitu besar atas peranan YM. Muh. Irfan Husaeni dalam peranannya selama ini, begitu banyak yang sudah beliau lakukan sebagai pijakan dasar bagi penerus rekan-rekan di PA Pelaihari.

 

Foto bersama pimpinan dan karyawan PA Pelaihari. [foto: Bagus]

 

Setelah selesai berbagai sambutan dilanjutkan dengan persembahan lagu dari YM. Irfan Husaeni dan Isteri, Sekretaris PA Pelaihari H. Yusriansyah, ibu Siti Noor Jannah dan karyawan yang lain. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari rekan-rekan PA Pelaihari untuk YM. Muh. Irfan Husaeni dan keluarga kemudian ditutup dengan foto bersama. Ada momen menarik dari sesi pemberian cindera mata, ketika YM. Muh. Irfan Husaeni menerima sebuah karikatur bergambar dirinya dengan background kantor PA Pelaihari yang diberikan oleh Kasub IT, Perencanaan dan Pelaporan H. M. Azhar Mushaddiq, SH, MH dan dalam prolognya yang bersangkutan menyampaikan akan menjadikan sebuah tradisi bagi pegawai PA Pelaihari yang akan mutasi diberikan sebuah karikatur diri.

  1. M. Azhar Mushaddiq, SH, MH memberikan kenangan karikatur YM. Muh. Irfan Husaeni. [foto: Respati]

 

Petikan Pantun oleh YM. Muh. Irfan Husaeni:

 

Berhembus Bayu Angin Mengalir
Sejuknya Hingga ke Ubun-Ubun
Sambutlah Salam Pesan Terakhir
Ulun Sampaikan Melalui Untaian Pantun

 

Tiga Tahun Enam Bulan di Pelaihari
Laksanakan Tugas Mahkamah Agung RI
Pian Sabarataan Sahabat Sejati
Kebaikan Pian Sangat Ulun Hargai

 

Dari Takisung ke Pagatan
Berkunjung Berlabuh Sampai Puas
Selamat Tinggal Handai Taulan
Kita Berpisah Karena Tugas

 

“…Selamat Jalan Pak Irfan dan Keluarga, Sukses untuk karirnya dan semoga selalu mendapatkan lindungan Allah SWT kami dari keluarga besar PA Pelaihari akan selalu mengenang bapak..”

 

  1. M. Azhar Mushaddiq

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

4 + 6 =