Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Martapura

Senin tanggal 05 Februari 2018 Pengadilan Agama Martapura   melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, Wakil Bupati Kabupaten Banjar, Kepala Kejaksaan Negeri Martapura, Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Banjar, Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Ketua Pengadilan Negeri Martapura, Komandan Distrik Militer  1006 Martapura dan beberapa perwakilan dari Pengadilan Agama lainnya menyaksikan pencanangan dan penandatangan piagam zona integritas Pengadilan Agama Martapura.


Acara yang sejak awal terasa khidmat  dengan berkomandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin ini,  Ketua Pengadilan Agama Martapura  Dr. Sugiri Permana, S.Ag, MH dalam sambutannya menyampaikan “ pencanangan zona integritas ini juga menjadi ajang rasa syukur Pengadilan Agama Martapura karena pada tahun 2017 Pengadilan Agama Martapura mendapatkan dua kenikmatan besar dan juga menjadi kebanggaan seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Martapura, yaitu Pengadilan Agama Martapura naik kelas dari kelas II menjadi kelas I.B pada bulan Februari 2017 dan keberhasilan Pengadilan Agama Martapura meraih sertifikat  akreditasi dengan nilai A Excellent pada bulan Nopember 2017″.


Setelah memberikan sambutan, Ketua Pengadilan Agama Martapura membacakan naskah pencanangan dan penandatangan piagam zona integritas yang dilanjutkan dengan penandatangan oleh para saksi dari forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar.  Pencanangan pembangunan zona integritas Pengadilan Agama Martapura semakin terasa khidmat ketika lagu Bagimu Negeri turut mengiringi Ikrar Bersama pencanangan Pembangunan Zona  Integritas yang diucapkan oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Martapura .

“ Pencangan zona integritas ini diadakan dengan tujuan untuk menindak lanjuti dan merespon kekecewaan Ketua Mahkamah Agung RI karena adanya OTT yang dialami oleh aparat Pengadilan dibawahnya, tujuan yang kedua adalah ingin memperkenalkan sekaligus menitipkan Pengadilan Agama Martapura kepada Pemerintah Daerah di Martapura, acara ini juga sebagai langkah preventif, langkah pencegahan agar aparat Peradilan Agama tidak kena OTT” sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammmad Shaleh, SH, M,Hum yang disampaikan seusai penanyangan video anti korupsi Pengadilan Agama Martapura youtu.be/ji8fcT6yX0Q


Sebagai sambutan penutup Wakil Bupati Kabupaten Banjar, H. Saidi Mansyur, dalam sambutannya beliau menyatakan” Bangga terhadap Pengadilan Agama Martapura telah mengadakan penandatanganan zona integritas bebas korupsi bersih melayani. Semoga dengan adanya acara ini menjadi sebuah janji yang tulus, janji kepada ilahi untuk berbuat yang baik dan terbaik tanpa korupsi tanpa murka ilahi”. Beliau juga menyatakan ” Pemerintah akan selalu mendorong terhadap SKPD maupun instansi vertikal lainnya yang secara substansial mempunyai tugas dan fungsi untuk melayani masyarakat”


Dalam Acara bersejarah ini , tidak hanya sekedar acara pencanangan pembangunan zona integritas saja namun juga sebuah tekad seluruh aparatur Pengadilan Agama Martapura untuk menciptakan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokasi bersih melayani dengan mengakhiri korupsi dan mengajak seluruh aparatur negara lainnya untuk bersama-sama bergabung menciptakan Indonesia Bebas dari korupsi, Karena KITA BISA. (hpy/ir)

Baca juga