Pembinaan Kepala BAWAS MA RI di PT Banjarmasin

DSC03932

Senin, 7 Agustus 2017 di Pengadilan Tinggi Banjarmasin dilakukan pembinaan oleh Kepala Badan Pengawasan MA RI, Nugroho Setiadji. Pembinaan tersebut yang dihadiri oleh Ketua PT Banjarmasin, Ketua PTA Banjarmasin serta para Hakim Tinggi serta pejabat dari 4 (empat) lingkungan peradilan.

Adapun tujuan kedatangan Badan Pengawasan ke Kalimantan Selatan adalah dalam rangka pengawasan reguler yang akan dilaksanakan mulai dari hari Selasa tanggal 8 Agustus 2017 sampai dengan hari Jum’at tanggal 11 Agustus 2017.

Tim Pengawas dari Badan Pengawasan MA RI yang turun di wilayah Kalsel yaitu Irwil III dan Irwil IV, yang akan melakukan pengawasan pada 4 (empat) lingkungan peradilan tingkat pertama di wilayah Kalsel.

Dalam arahannya, Kepala Badan Pengawasan MA RI menjelaskan bahwa Badan Pengawasan MA RI ingin berkolaborasi dengan Hakim Tinggi Pengawas Daerah pada Tingkat Banding, karena ada suatu keterbatasan tenaga dan pengawasan saat ini dilakukan di dua wilayah yaitu Kalsel dan Banda Aceh.

Disamping itu, Badan Pengawasan MA RI ingin membentuk kesamaan persepsi agar Pengadilan Tk. Pertama yang menjadi obyek pengawasan tidak merasa kebingungan dalam implementasinya, karena adanya kesamaan persepsi antara Badan Pengawasan MA RI dan Pengawas Tk. Banding. Karenanya diharapkan masukan dari semua pihak agar kegiatan berjalan lancar dan ada keseragaman.

Sebagaimana pengawasan reguler pada umumnya, materi pemeriksaan adalah Administrasi Manajemen Peradilan, Administrasi Persidangan, Administrasi Perkara dan Keuangan Perkara serta Administrasi Kesekretariatan. Diharapkan setiap temuan / kekuarangan yang diperoleh dari hasil pengawasan akan diekspos dengan tujuan ke depan adanya perbaikan-perbaikan.

Pada saat pengawasan reguler, akan terbuka dialog antara Pengadilan yang diawasi dengan Tim Pengawas. Selain itu juga ada unsur pembinaan, sehingga kegiatan pengawasan reguler ini menjadi manfaat bagi semua pihak.

Ke depan, pemeriksaan reguler diserahkan kepada Tingkat Banding sehingga Badan Pengawasan MA RI hanya menerima laporan saja.

Demikian sambutan dari Kepala Badan Pengawasan MA RI.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang bertugas mendampingi Tim Pengawas Badan Pengawasan MA RI yaitu :

  1. Drs. Saherudin, H. Supangkat, S.H., M.H., Drs. Izzuddin HM, S.H., M.H.  (Wilayah PA BAnjarmasin)
  2. Drs. H. Masruri, S.H., M.H., Drs. H. Arfan Muhammad, S.H., M.H. (Wilayah PA Banjarbaru)
  3. Drs. H. Aridi, S.H., M.Si., Drs. H. M. Nahiruddin, S.H., M.H. (Wilayah PA Martapura)

 

(Naskah by Panitera PTA Banjarmasin)

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

five × two =