Pelantikan dan Pengambilan Sumpah jabatan Wakil Ketua PA Batulicin

wkbtc

 

Batulicin | pa-batulicin.go.id

Senin 24 Oktober 2016 bertempat di Aula Pengadilan Agama Batulicin dilangsungkan acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Hj. Aslamiah, S.Ag., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama (WKPA) Batulicin yang sebelumnya merupakan Hakim Pengadilan Agama Barabai Klas I B, menggantikan Drs. H. Parhanuddin yang saat ini telah dipromosikan sebagai Ketua Pengadilan Agama (KPA) Marabahan Klas II, Kalimantan Selatan.

Acara tersebut dilaksanakan lebih berbeda dari acara pengambilan sumpah dan pelantikan wakil ketua sebelum-sebelumnya, karena momen tersebut turut mengundang unsur pemerintah daerah yakni Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Mardani H. Maming serta Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu. Hanya saja ketika itu Bupati sedang berada di luar kota sehingga diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Said Ahmad, MM. sedangkan Kepala Kemenag diwakili oleh bapak Mustaqim. Hadir juga sebagai undangan dari Pengadilan Negeri Batulicin yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (WKPN) Batulicin yang saat itu sekaligus dimohonkan sebagai salah satu saksi pengambilan sumpah, yang saat itu hadir bersama Panitera dan para hakim.

Para tamu undangan (foto: Yusuf)

Para tamu undangan (foto: Yusuf)

gabungan

Prosesi Pengambilan sumpah dan pelantikan WKPA Batulicin (foto: Yusuf)

Mutasi dan Promosi Wakil Ketua tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 2302/DjA/KP.04.6/SK/8/2016 tanggal 22 Agustus 2016 tentang Mutasi Hakim Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah.

Setelah pengambilan sumpah, pelantikan, dan pembacaan pakta Integritas. Dilanjutkan sesi perkenalan WKPA Batulicin yang baru dilantik, Hj. Aslamiah, S.Ag., M.H. mengucapkan terimakasih serta mohon bimbingannya kepada ketua Pengadilan Agama Batulicin dan doa restunya kepada seluruh hadirin agar bisa melaksanakan tugas kedepannya dengan baik dan lancar.

Perkenalan WKPA Batulicin yang baru dilantik beserta suami (foto: Yusuf)

Perkenalan WKPA Batulicin yang baru dilantik beserta suami (foto: Yusuf)

Sedangkan KPA Batulicin Drs. H. Ilmi dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada wakil ketua yang baru dilantik dan berpesan bahwa jabatan yang diberikan merupakan amanah dan titipan yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, dan juga patut disyukuri karena merupakan anugerah dari Allah SWT.

KPA Batulicin memberikan sambutan  (foto: Yusuf)

KPA Batulicin memberikan sambutan  (foto: Yusuf)

KPA Batulicin dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa di Pengadilan Agama (PA) Batulicin ini untuk ketua, wakil, hakim dan pejabat lainnya tidak mempunyai rumah dinas, bahkan mobil dinas untuk wakil ketua, hal tersebut karena belum adanya anggaran. Kondisi ini berbeda dengan kondisi sebagian besar Pengadilan Agama lainnya di wilayah Kal-Sel yang telah memiliki fasilitas lengkap untuk Ketua dan Wakil, akan tetapi dengan minimnya fasilitas yang ada Ketua berharap kepada WKPA Batulicin yang baru dilantik agar bisa tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya di PA Batulicin.

Sekda Kab.Tanah Bumbu (H. Said Ahmad, MM) menyampaikan kata sambutan dari Bupati Kab.Tanah Bumbu (foto: Yusuf)

Sekda Kab.Tanah Bumbu (H. Said Ahmad, MM) menyampaikan kata sambutan dari Bupati Kab.Tanah Bumbu (foto: Yusuf)

H. Said Ahmad, MM dalam sambutannya mewakili Bupati Tanah Bumbu menyampaikan bahwa bapak Bupati menyambut baik atas dilantiknya wakil ketua Pengadilan Agama Batulicin, karena seperti dipahami bersama bahwa alih tugas dan alih jabatan dalam mekanisme organisasi adalah hal yang wajar dan selalu terjadi kapan saja, baik karena pegawai yang bersangkutan purna tugas maupun karena diperlukan untuk menduduki suatu jabatan. Dan mengajak kepada segenap keluarga besar Pengadilan Agama Batulicin untuk selalu menegakkan supremasi hukum dengan sebaik-baiknya.

Bupati Tanah Bumbu atas nama Pemerintah Daerah dan mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu juga mengucapkan selamat atas dilantiknya saudari Hj. Aslamiah, S.Ag., M.H. dan selamat bertugas di Bumi Bersujud, mudah-mudahan tugas dan jabatan ini merupakan amanah yang membawa berkah bagi kita semua maupun terhadap tugas-tugas kemanusiaan khususnya bagi masyarakat pencari keadilan di Bumi Bersujud.

Tak lupa pula berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas Wakil Ketua bersama-sama dengan Ketua dalam melakukan pekerjaan sebagai pimpinan Pengadilan Agama Batulicin. Terutama dalam menjalankan visi misi Badan Peradilan melalui 4 misi, yaitu:

  1. Menjaga kemandirian Badan Peradilan.
  2. Memberikan Pelayanan Hukum yang Berkeadilan kepada Pencari Keadilan.
  3. Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan, dan Meningkatkan Kredibilitas dan
  4. Transparansi Badan Peradilan.

Acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Drs. Ilmi dan dilanjutkan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik oleh seluruh pegawai dan para tamu undangan. (/MY)

gabungan 2

Do’a dan pemberian ucapan selamat (foto: Yusuf)

Foto bersama dari kiri: Mustaqim (Perwakilan Kemenag), H.Ilmi (KPA Batulicin), Hj.Aslamiah (WKPA Batulicin) besert suami, H.Said Ahmad (Sekda Tanah Bumbu), Imelda Herawati Prihtin(WKPN Batulicin) (foto: Yusuf)

Foto bersama dari kiri: Mustaqim (Perwakilan Kemenag), H.Ilmi (KPA Batulicin), Hj.Aslamiah (WKPA Batulicin) besert suami, H.Said Ahmad (Sekda Tanah Bumbu), Imelda Herawati Prihatin (WKPN Batulicin) (foto: Yusuf)

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

two + 16 =