Mengenang Almarhum Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.SI

Hari Senin tanggal 08 Mei 2017 Hakim Pengadilan Agama Kandangan Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.SI berpulang kerahmatillah. Beliau menghembuskan nafas terakhir ketika sedang menyelesaikan tugas pukul 16.45 di meja kerja Kantor Pengadilan Agama Kandangan.

Riwayat Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.SI

        Beliau dilahirkan di bantul Yogyakarta tepatnya tanggal, 13 Maret 1975 dan pada Maret 2017 beliau berulang tahun ke 42. Beliau mengeyam pendidikan Sekolah Dasar Jurugentong Bantul lulus pada tahun 1987, SMP Angkasa Adi Sucipto Sleman lulus pada tahun 1990, Madrasah Aliyah Negeri Bantul Wonokromu lulus tahun 1993, menyelesaikan strata satu pada UII Yogyakarta pada tahun 1999 dan tercatat telah menyelesaikan Pasca sarjana pada UII juga dengan program jurusan yang diambil Hukum Bisnis Syari’ah yang ditamatkan olehnya pada tahun 2007.

Beliau berkeluarga dengan mempersuting gadis dari Buton Sulawesi dan dikaruniai dengan dua orang anak yang sekarang masih bersekolah pada tingkat SMA dan Sekolah dasar.

Beliau diangkat  menjadi PNS atau sebagai Calon Hakim Agama pada tahun 2006 ditempatkan PA Bantul, kemudian Hakim Definitif pada PA Bengkayang tahun 2008 dan pada tahun 2013 ditempatkan di PA Kandangan sampai akhirnya beliau tutup usia pada saat melaksanakan tugas di PA kandangan ini.

Sosok Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.SI

      Beliau dalam pergaulan sehari-hari ramah, senang berteman dengan siapapun tidak pandang hakim atau pegawai biasa. Sering goyon becanda dan murah senyum, serta periang. Tidak menjadikan problem hidup sebagai beban yang berlebihan selalu enjoy dalam kesehariannya. Stelennya juga tidak terlalu formil dalam tugas maupun kesehariannya. Senang membantu orang lain, apalagi kalau teman-teman dari luar yogya berkunjung ke rumahnya sering di ajak berkeliling mengetahui seluk beluk kota yogya sebagai kota wisata. Bahkan beliau tak segan menginapkan teman-teman dari luar daerah khususnya kalimantan dirumahnya di Kota Bantul Yogyakarta. Pengetahuannya yang luas kerapkali berbagi dengan sesama hakim dan karyawan-karyawan Pengadilan Agama Kandangan.

Kiprah Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.SI

Selama di Pengadilan Agama Kandangan beliau aktif sebagai Hakim, baik sebagai Ketua Majelis maupun Hakim Anggota. Sebagai Hakim Mediator dan ikut mensukseskan beberapa agenda program kerja seperti pelaksanaan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Kandangan. Beliau senang dan antusias mengikuti sosialisasi-sosialisasi yang sering dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Kandangan seperti sosialisasi efeling bekerja sama dengan  departemen keuangan atau kantor pajak. Beliau juga antusias mengikuti bedah berkas yang dilaksanakan Pengadilan Agama Se Benua Enam Zona II Kalimantan Selatan, rapat-rapat kerja, sebagai Hakim Pengawas Bidang, serta pamong para mahasiswa magang di Pengadilan Agama Kandangan. Baik dari Fakultas Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin, maupun perguruan tinggi lainnya di Kalimantan Selatan.

Demikian in memorian Bapak Muhammad Amin Rosyid, S.Ag, M.Si. Selamat jalan Bapak semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala serta ditempatkan di tempat yang layak di sisi Nya. Amin Ya Rabbal Alamin.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

three × 3 =