Kunjungan Tenaga Ahli Komisi Yudisial (KY) RI sekaligus mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin periode 2005-2009 Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. beserta rombongan

pta3434

Tenaga Ahli Komisi Yudisial (KY) RI sekaligus mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin periode 2005-2009 Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. beserta rombongan melakukan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin pada hari Rabu, 22 Februari 2017, Para tamu tiba pukul 10:00 WITA, disambut oleh Ketua PTA. Banjarmasin Dr. H. Muhammad Shaleh, S.H, M.Hum. didampingi oleh Panitera Hj. Siti Romiyani, S.H., M.H. Setibanya di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin diadakan acara pengarahan dan temu kangen diruang aula PTA. Banjarmasin oleh Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. Pada acara tersebut, Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. menyampaikan tujuan berkunjung ke Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yaitu dalam rangka silaturahim yang dianjurkan dalam Islam dan juga dalam rangka memberikan informasi-informasi berkaitan dengan laporan-laporan masyarakat pada Pengadilan Agama Kandangan.

Acara yang dihadiri seluruh hakim dan pegawai PTA. Banjarmasin dipimpin langsung oleh Ketua PTA. Banjarmasin dalam prolognya beliau merasa bahagia dan merasa terhormat atas kedatangan Bapak Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. beliau juga memaparkan secara singkat tentang kondisi Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin serta capaian-capaian di Tahun 2016.

Setelah sambutan dari KPTA. Banjarmasin acara dilanjutkan dengan prolog dari Bapak Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. beliau menjelaskan kalau ada rasa kerinduan untuk bertugas kembali di PTA. Banjarmasin karena suasana kantor yang kekeluargaan, beliau juga menambahkan “kunjungan kerjanya merupakan hubungan erat antara Mahkamah Agung RI dengan Komisi Yudisial RI” ungkapnya.

Berikut beberapa poin yang disampaikan Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H. sebagai berikut :

  • Kunjungan beliau pada PTA. Banjarmasin sebagai jalinan hubungan lembaga   antara Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial;
  • Kewenangan KY dalam menjaga martabat hakim Indonesia;
  • Martabat Hakim meliputi kesejahteraan hakim dan kewibawaanya;
  • Fungsi dan Tugas KY lainnya adalah mengingatkan hakim dan pegawai terhadap suap dan gratifikasi serta etika hakim;
  • Meningkatkan disiplin hakim agar tercipta peradilan yang agung;
  • mendorong prilaku yang baik dan mengajak semua bekerja dengan baik, professional dan tanggung jawab menjaga integritas;
  • Hindarkan kedekatan dengan pihak-pihak perkara dan jaga moralitas
  • Beliau juga menambahkan kalau pada saat kunjungan ke daerah para ibu-ibu juga mendampingi dan membuat kegiatan sendiri, seperti pada saat kepemimpian beliau para ibu-ibu menerbitkan sebuah buku yang berisi tentang kumpulan do’a, kumpulan resep makanan, kumpulan tausiah, kerajinan tangan dan lain-lainnya.

Usai arahan dan temu kangen, acara ditutup oleh KPTA. Banjarmasin dengan ucapan terimakasih atas kunjungan Bapak Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H., M.H.  yang kemudian mengakhiri kunjungannya dengan bersalam-salaman dengan para Hakim Tinggi dan Karyawan Karyawati PTA. Banjarmasin dan beliau melanjutkan perjalanan nya ke Pengadilan Agama Kandangan.

 

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

5 × four =