Inilah Aksi Nekat PA Pelaihari yang Didukung Pemda

 

Wakil Bupati dan Komandan Kodim meninjau pelayanan terpadu PA Pelaihari dengan dinas terkait [Foto:Bayu].

 

Pelaihari I pa-pelaihari.go.id

Lagi-lagi PA Pelaihari melakukan aksi nekat dalam rangka pelayanan kepada masyarakat berupa sidang terpadu Jumat (29/7/2016) di Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Yang dilakukan PA Pelaihari tergolong aksi nekat, karena selain melibatkan Dinas Dukpencapil juga melibatkan beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Kesehatan, Politeknik Negeri, Dinas Nakertrans dan BKKBN serta IDI.

 

PA Pelaihari menyidangkan 32 perkara itsbat nikah dengan menurunkan tiga hakim tunggal beserta Panitera Pengganti dan didukung tenaga admin yang tergabung dalam meja satu maupun meja informasi.

 

Dengan pengalaman beberapa kali melaksanakan sidang terpadu, tim yang diturunkan mampu menyelesaikan sidang sebelum pelaksanaan shalat Jumat. Pemeriksaan tetap mengacu kepada hukum formil dan materiil sehingga terhindar dari penyelundupan hukum.

 

Di waktu yang bersamaan, PA Pelaihari juga melayani pendaftaran sidang itsbat dan masyarakat yang telah memenuhi persyaratan administrasi tercatat 10 perkara yang rencananya akan disidangkan di luar gedung pengadilan (Kantor Camat Bumi Makmur) Kamis 18 Agustus 2016.

 

Wakil Bupati dan Komandan Kodim meninjau langsung aksi pelayanan terpadu yang dipusatkan di SDN Handil Babirik. Tidak ada satu stand yang luput dari pemantauan Wakil Bupati dan Komandan Kodim.

Dinas Kesehatan, BKKBN dan Ikatan Dokter Indonesia memberikan pelayanan menurut keahlian masing-masing [Foto: Bayu].

 

Khusus kepada Ketua PA Pelaihari Dra. Hj. Masyhadiah D, M.H. Wakil Bupati Tanah Laut H. Sukamta, S.H. memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya karena telah memberi pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut.

 

“Saya berharap ke depan PA Pelaihari terus melaksanakan sidang terpadu bersama Pemda” Ujar Wakil Bupati.

 

Di tempat yang sama, para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan layanan sunatan masal, BKKBN memberikan pelayanan KB, Dinas tenaga Kerja dan transmigrasi memberikan pelatihan pembuatan batako, Politeknik Negeri memberikan penyuluhan pemakaian kompor gas yang benar dan aman, Dinas Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan, dan tentu saja Dinas Dukpencapil melayani dokumen kependudukan meliputi pembuatan KK, KTP dan akta kelahiran. Semua pengguna jasa dilayani secara gratis.

Anggota karang taruna dan masyarakat lain mengikuti pelatihan pembuatan batako dan penyluhan penggunaan kompor gas dari nara sumber terpercaya [Foto: Bayu].

 

Sedangkan menurut Ketua PA Pelaihari, pelaksanaan layanan terpadu bersama beberapa instansi berjalan sukses karena adanya koordinasi yang baik antara PA Pelaihari dengan Pemda Tanah Laut. Pemda sangat mendukung program sidang di luar gedung pengadilan, dan pelaksanaan sidang terpadu kali ini lebih maksimal karena Pemda juga menurunkan dinas-dinas terkaitnya.

 

Muh. Irfan Husaeni-Humas.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

five × 5 =