HATIWASDA LAKUKAN PENGAWASAN DI PA TANJUNG

Jumat, 27 Juli 2018. Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan melakukan pengawasan di Pengadilan Agama (PA) Tanjung. Pengawasan sekaligus pembinaan tersebut dilakukan selama 3 hari, Rabu-Jumat, 25-27 Juli 2018.

Tim yang diketuai oleh Drs. H. K.A. Anwaruddin, S.H., M.Hum (Hakim Tinggi) tersebut beranggotakan Dra. Hj. Shoimah, M.H (Hakim Tinggi), Dra. Norsyamsu Laila (Panmud Banding PTA Kalsel), dan Hendra Surya, S.H., S.Sos., M.M (Kabag Umum dan Keuangan PTA Kalsel).

Ketua PA Tanjung, Drs. H. M. Syaprudin, M.H.I., dalam sambutannya menyampaikan kondisi PA Tanjung mulai dari jumlah pegawainya sampai pada statistik perkara. Selanjutnya, KPA Tanjung mengharapkan pembinaan dari Hatiwasda guna terwujudnya pelayanan PA Tanjung yang lebih baik kepada masyarakat.

Anwaruddin mengatakan bahwa kedatangannya bersama tim bukan semata mencari-cari kesalahan. Ia turut mendoakan dengan jumlah perkara yang meningkat, semoga PA Tanjung bisa naik kelas menjadi 1B. Tentunya, lanjutnya, setelah terwujudnya gedung baru PA Tanjung yang sampai saat ini masih terus diusulkan.

Pada saat penutupan, Jumat (17/8) disampaikan hasil dari pengawasan. Menurut Anwaruddin, secara umum kinerja PA Tanjung sudah baik. Adanya beberapa kekurangan, menurutnya, dapat dimaklumi karena kondisi gedung yang masih belum standar. Sosok kelahiran Banyuwangi tersebut juga mengucapkan terima kasih atas dan bantuan dan kerjasama PA Tanjung selama pengawasan dan pembinaan. (Samsul/Riza P)

Baca juga