HATIBINWASDA PTA KALIMANTAN SELATAN LAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN DI PENGADILAN AGAMA RANTAU

Selama dua hari tanggal 30 s.d 31 Juli 2018, Pengadilan Agama Rantau mendapat kunjungan Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah (Hatibinwasda) PTA Kalimantan Selatan beserta tim untuk melakukan pembinaan dan pengawasan reguler di Pengadilan Agama Rantau, berdasarkan surat Ketua PTA Kalimantan Selatan Nomor W15-A/1713/PHK.05/7/2018, tanggal 17 Juli 2018, yang terdiri dari Drs. H. Muhammad Darin, S.H.,MSI, sebagai ketua tim, Drs. H. Masyhudi, Hs.,S.H.,M.H, Hakim Tinggi PTA Kalimantan Selatan), H. Saifuddin, S.H.,M.H. (Sekretaris PTA Kalimantan Selatan) dan Drs. H. Masrifai (Panitera Pengganti PTA Kalimantan Selatan) sebagai anggota tim.

Kunjungan kali ini merupakan pengawasan rutin dari PTA Kalimantan Selatan ke PA Rantau dalam rangka meningkatkan administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan PA Rantau. Tim Hatibinwasda PTA Kalimantan Selatan melakukan monitoring dan evaluasi dalam berbagai bidang yaitu Manajemen Peradilan, Adminsitrasi Peradilan, Administrasi persidangan dan Pelaksanaan Putusan, Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan.

Sesudah melakukan pengawasan di bidangnya masing-masing Tim Hatibinwasda PTA Kalimantan Selatan menyampaikan hasil pengawasan serta melakukan pembinaan bertempat di ruang sidang PA Rantau dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan seluruh Pegawai serta tenaga Honorer Pengadilan Agama Rantau. Hasil evaluasi Tim Pengawas, diexpose pada Hari selasa tanggal 31 Juli 2018, dimulai pada pukul 13.30 – 15.00 Wita. Ketua tim Bapak Drs. H. Muhammad Darin, S.H.,MSI, mengatakan tujuan dilaksanakannya pembinaan dan pengawasan ini bukan untuk mencari  kesalahan melainkan bentuk evaluasi terhadap kinerja aparatur pengadilan yang ada di Pengadilan Agama Rantau, kami harapkan agar dalam melaksanakan tugas harus bekerja dengan teliti dan hati-hati, karena ketelitian merupakan hal yang sangat penting. Pada umumnya capaian kinerja pada bidang-bidang yang dievaluasi dalam pengawasan ini sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang sesegera mungkin untuk diselesaikan agar capaian kinerja pada bidang-bidang dimaksud dapat sesuai dengan standar yang diharapkan, ujar beliau. Beliau juga  menghimbau agar kiranya dapat lebih memaksimalkan kinerja selama bekerja di PA Rantau dan perbanyak koordinasi antar sesama pegawai PA Rantau baik Kepaniteraan maupun Kesekratiatan dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan agar lebih ditingkatkan lagi.

Sementara Drs. H. Masyhudi, Hs.,S.H.,M.H, mengungkapkan bahwa dalam bekerja seluruh kegiatan harus dilakukan secara teliti dan ekstra hati-hati walaupun pada saat sekarang ini hampir seluruh kegiatan sudah dimudahkan oleh teknologi informasi.

Sebagai penutup Bapak H. Saifuddin, S.H.,M.H. (Sekretaris PTA Kalimantan Selatan berpesan bahwa PA Rantau yang telah memperoleh nilai A Exellent pada SAPM tahun 2018, hal tersebut wajib dipertahankan secara kontinue, lembaga peradilan haruslah menjaga keindahan dan kebersihan, tata letak dan tata ruang yang nyaman agar lebih maksimal dalam bekerja dan melayani masyarakat. Lembaga peradilan harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh publik sebagai wujud pelaksanaan SK KMA No. 144 Tahun 2007 tentang Keterbukaan Informasi dan telah diubah menjadi SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tahun 2011. Disamping itu beliau juga menyampaikan tentang tupoksi bidang Kesekretariatan pada umumnya dan pemahaman tentang pengelolaan anggaran dalam DIPA agar selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku demikian juga halnya dengan pemberian cuti pegawai.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Rantau, Ibu Dra. Hj. Noor Asiah  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pengawasan dan pembinaan yang telah dilakukan di Pengadilan Agama Rantau dan penyampaian  hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Tim Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah. Beliau juga memohon maaf apabila dalam pelaksanaan pekerjaan selama ini masih terdapat beberapa kekeliruan yang menjadi bahan pembinaan dan pengawasan oleh tim Pengawas, serta berjanji bahwa evaluasi tersebut dapat segera diperbaiki untuk ke depannya. Bravo PA Rantau !!!.

 

 

Konseptor : Hj. ST Zubaidah, S.Ag., S.H., M.H. (Hakim PA Rantau)

Editor: Tim TI PA Rantau

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

eleven + 11 =