HATIBINWASDA PTA Banjarmasin Lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA. Rantau

 

Pada hari Selasa tanggal 3 Mei 2016 Pengadilan Agama Rantau kedatangan Tim Hatibinwasda dari Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.  Berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin Nomor W15-A/852/PS.01/IV/2016 tanggal 22 April 2016. Tim yang berjumlah 4 orang tersebut langsung diketuai oleh Drs. H. Kasyful Anwar, S.H.,M.H. (Hakim Tinggi) dengan anggota Drs. H. Aridi, S.H, M.H (Hakim Tinggi), H. Saifuddin, S.H.,M.H. (Plt Sekretaris/Kepala Bagian Umum dan Keuangan), dan H. Zahrani Asrani, S.H.I.,S.H. (Panitera Pengganti) yang langsung diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Rantau, Drs. H. Rakhmat Hidayat, H.S.,S.H.,M.H.

Pembinaan dan Pengawasan meliputi 5 hal yaitu : Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum dan Pelayanan Publik, yang akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 3 s/d 4 Mei 2016.

pa rantau1

Setelah dua hari berlangsung pengawasan, maka pada hari Rabu  tanggal 4 Mei 2016 diadakan expose di ruang sidang Pengadilan Agama Rantau. Dalam expose yang langsung dipimpin oleh Ketua Tim Drs. H. Kasyful Anwar, S.H.,M.H. (Hakim Tinggi), menyampaikan beberapa hasil temuan. Tim menyatakan bahwa dari hasil pengawasan ini untuk Pengadilan Agama Rantau sudah baik dan sangat kondusif, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan lebih ditingkatkan lagi. Demikian juga pada bagian kepaniteraan mulai dari bidang  keperkaraan, register, kelengkapan berkas dan tidak lupa juga dilanjutkan dengan pemeriksaan pada jurnal keuangan perkara serta pengelolaan biaya proses dan tidak ditemukan hal-hal yang prinsip, Siadpa Plus sudah berjalan dengan baik, di kepegawaian sudah cukup baik.

Dari temuan Hatibinwasda disampiakan bahwa secara keseluruhan apa yang menjadi konsentrasi pengawasan  telah dilaksanakan dengan baik oleh seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Rantau,  sehingga selama pelaksanaan pengawasan Tim Pengawas Bidang Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin tidak menemukan kesalahan yang fatal dalam realisasi pelaksanaan tungas pokok dan fungsi masing-masing dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Pada kesempatan itu pula, sebagai bentuk pembinaan, Tim pengawas meminta kepada seluruh pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Rantau untuk meningkatkan kinerja terutama dalam bidang pelayanan publik, sehingga nantinya para pencari keadilan di wilayah Pengadilan Agama Rantau akan merasa puas dengan segala bentuk pelayanan publik yang dilakukan oleh aparat peradilan di lingkungan Pengadilan Agama Rantau. Dan di akhir acara expose Ketua Tim menyatatakan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Agama Rantau yang telah menerima dan bekerja sama dengan Tim Pengawas Daerah PTA Banjarmasin dan berpesan untuk tetap mempertahankan hal-hal yang sudah baik dan segera menindaklanjuti  beberapa temuan pengawasan pada tahun 2016 ini.

Ketua PA Rantau menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan dan pengawasan yang dilakukan TIM Hatibinwasda PTA Banjarmasin, “Hal ini mengingat tujuan dasar pembinaan dan pengawaan  adalah perbaikan dan profesionalitas kinerja PA. Rantau, dan semua yang menjadi temuan akan kami perbaiki segera” jelas mantan Ketua PA. Bajawa.

Dan diakhir  acara pengawasan ini dilaksanakan foto bersama Tim Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dengan keluarga besar Pengadilan Agama Rantau.

 

 

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

eighteen − 18 =