Excellent! Ketua PTA dan Walikota Apresiasi Pencanangan Zona Integritas PA Banjarbaru

Banjarbaru (14/02/2018)

DSC00845

Sebagai salah satu Pengadilan Agama (PA) yang dijadikan pilot project oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan, dalam hal Akreditasi Penjaminan Mutu peradilan agama, di wilayah hukum PTA Kalimantan Selatan, PA Banjarbaru merespons cepat dengan melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Intergritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan PA Banjarbaru.

Mengambil tempat di Aula Gedung Bina Satria Banjarbaru, acara ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Sholeh, SH, M.Hum, Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani, M.M., dan Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (FORKOPIMDA) yang terdiri dari Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Ketua Pengadilan Negeri Kota Banjarbaru,  Kepala Pengadilan Militer 1-06 Banjarmasin, Komandan Komando Distrik Militer 1006 Martapura, serta dihadiri juga oleh tamu undangan baik dari lingkungan PTA Kalimantan Selatan, Pengadilan Agama se-Kalimantan Selatan, maupun para pimpinan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah Kota Banjarbaru.

Prosesi acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kota Banjarbaru oleh seluruh tamu undangan. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Hakim PA Banjarbaru Edi Hudiata, Lc, MH. Sambutan pertama dilberikan oleh Ketua PA Banjarbaru H. M. Jati Muharramsyah, S.Ag, SH, MH, yang dalam sambutannya menyampaikan, “PA Banjarbaru sebagai bagian dari pelayanan peradilan di Kota Banjarbaru akan terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.” Hal tersebut diawali dengan komitmen oleh seluruh aparatur PA Banjarbaru untuk memberikan pelayanan hukum yang sesuai dengan birokrasi dan bebas dari pungli.

Dalam kesempatan ini Ketua PA Banjarbaru juga meluncurkan salah satu inovasi terbaru dari PA Banjarbaru, yaitu dengan memperkenalkan buku yang berjudul “Kontekstualisasi Hukum Perdata Islam” yang disusun oleh Tim Penyusun PA Banjarbaru. Buku ini diharapkan dapat menjadi salahsatu referensi dan menambah wawasan khususnya di bidang hukum.

Usai penandatanganan piagam Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, sambutan berikutnya disampaikan oleh Walikota Banjarbaru, yaitu H. Nadjmi Adhani. Dalam sambutannya, Walikota sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PA Banjarbaru, karena telah berkomitmen membangun zona integritas bebas korupsi, kolusi dan nepostisme. “Hal tersebut sejalan dengan visi Pemerintah Kota Banjarbaru yaitu menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota pelayanan yang berkarakter,” ujar Walikota, disambut tepuk tangan para hadirin. Semoga dengan adanya komitmen dari PA Banjarbaru dapat membuat Kota Banjarbaru lebih maju dan berkembang kearah yang lebih baik.

Ketua PTA Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Sholeh, SH, M.Hum., dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi tertinggi atas peneyelenggaraan kegiatan ini. “Kegiatan ini layak mendapat nilai EXCELLENT!” ujar Ketua PTA penuh semangat, disambut riuh tepuk tangan para hadirin. “Walikota dan PA Banjarbaru mampu bersinergi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.”

DSC00918

Acara tersebut diakhir dengan sesi foto bersama Ketua PTA Kalimantan Selatan, Walikota, dan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah Kota Banjarbaru, sambil memegang piagam pencanangan zona integritas yang telah ditandatangani.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

two × 1 =