Closing Meeting Assesment Eksternal Dalam Rangka Akreditasi Penjaminan Mutu di PA Banjarbaru

Banjarbaru – Jumat (18/05/2018) Setelah tiga hari lamanya, yaitu mulai mulai tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Mei 2018 dilaksanakan pelaksanaan assesment eksternal atau penilaian eksternal dari tim penilai Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Badan Peradilan Agama kepada Pengadilan Agama (PA) Banjarbaru. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pengukuran penerapan sistem penjaminan mutu di Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah dalam program Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang I Tahun 2018.

Dan akhirnya, pada hari jumat tanggal 18 Mei 2018 kegiatan tersebut berakhir, ditandai dengan dilaksanakan acara Closing Meeting Assesment Eksternal oleh tim penilai eksternal yang bertugas. Dibuka oleh sambutan ketua SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) PA Banjarbaru, Husnawati, S.Ag, M.Sy (Wakil Ketua PA Banjarbaru) yang menyatakan terimakasih kepada tim penilai yang telah beberapa hari ini melakukan penilaian, dan tak lupa Husnawati, S.Ag, M.Sy menyampaikan permohonan agar tim pendamping dari PTA Kalimantan Selatan untuk terus dapat melakukan bimbingan perbaikan kepada PA Banjarbaru.

Pada acara tersebut juga dipaparkan hasil penelaahan oleh assesor eksternal, Ahmad Supiansyah, SHI (PTA Kalimantan Timur), yang dalam paparannya cukup puas dengan dokumen dan implementasi dokumen SAPM yang telah dilaksanakan di PA Banjarbaru, hanya saja beliau juga menyatakan perlu adanya perbaikan penyusunan beberapa dokumen. Pada kesempatan tersebut beliau juga menjelaskan bahwa SAPM bukan hanya bertujuan pada hasil nilai sertifikat yang diterima, melainkan adanya perubahan mindset dan pola kerja masing-masing pegawai menjadi lebih baik dan teratur. Pada kesempatan itu pula secara simbolis Ahmad Supiansyah, SHI selaku assesor eksternal menyerahkan kembali PA Banjarbaru kepada Ketua PA Banjarbaru, H, Jati Muharramsyah, S.Ag, SH, MH, melalui map dokumen yang berisikan hasil penilaian assesor dan permintaan perbaikan kedepannya terhadap PA Banjarbaru.

Dipenutup acara, Ketua PA Banjarbaru, H, Jati Muharramsyah, S.Ag, SH, MH. mengucapkan rasa syukur atas lancarnya proses penilaian yang telah dilakukan dalam tiga hari ini.”Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi seluruh perjuangan pegawai PA Banjarbaru yang dalam beberapa bulan ini telah bekerjakeras untuk dilaksanakannya penilaian ini, semoga PA Banjarbaru yang telah ditunjuk sebagai satu satu pilot project Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan telah memberikan karya dan hasil maksimal yang dapat dibanggakan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan. (rizqon)

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

thirteen + 7 =