Kegiatan Eksaminasi Berkas Pengadilan Agama Zona I di PA Kotabaru

Ketua PTA Banjarmasin membuka secara resmi kegiatan eksaminasi di aula PA Kotabaru

 

Kotabaru (20/05/2016) Eksaminasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Examination atau dalam kamus bahasa Inggris-Indonesianya sebagai ujian atau pemeriksaan. Jadi istilah eksaminasi tersebut jika dikaitkan dengan produk badan peradilan berarti ujian atau pemeriksaan/bedah berkas terhadap putusan pengadilan atau hakim.

 

Para Hakim Tinggi PTA Banjarmasin bertindak selaku narasumber dan moderator 

 

Bertempat di aula Pengadilan Agama Kotabaru tepatnya tanggal 20-21 Mei 2016 digelar acara eksaminasi atau bedah berkas. Acara bedah berkas zona I kali ini diikuti oleh para kontingen dari PA Banjarmasin, PA Marabahan, PA Banjarbaru, PA Martapura, PA Pelaihari, PA Batulicin, PA Kotabaru selaku tuan rumah dan PTA Banjarmasin selaku narasumber.

 IMG_20160520_082004 IMG_20160520_082219
 Peserta bedah berkas meliputi 7 PA di wilayah hukum PTA Banjarmasin

 

Acara yang dimulai tepat pukul 08.00 WITA ini dibuka secara resmi oleh Ketua PTA Banjarmasin Drs HM Said Munji SH MH. Setiap kontingen menghadirkan Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Wakil Panitera serta karyawan karyawati lain yang berkaitan dengan berkas yang akan di eksaminasi. Setiap PA diberikan kesempatan menyajikan berkas terbaik mereka untuk dieksaminasi oleh peserta lain.

Proses eksaminasi berlangsung aktif dimana terdapat banyak tanggapan dan temuan yang telah dicermati oleh masing – masing peserta. Seringkali berkas yang dieksaminasi diwarnai diskusi dan kritik yang membangun terutama dari para Hakim Tinggi yang juga turut hadir dalam kegiatan ini.

 

Tim Pembahas menyampaikan tanggapan terhadap berkas yang dibedah

 

Diakhir acara narasumber bedah berkas yaitu Hakim Tinggi PTA Banjarmasin Drs H Sumasno SH M.Hum menyampaikan bahwa kegiatan eksaminasi/bedah berkas kali ini berlangsung menarik dimana para peserta sangat aktif dan bersemangat dalam menyampaikan argumen – argumennya. Dan sebagai penutup Ketua PTA Banjarmasin menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada PA Kotabaru yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan eksaminasi/bedah berkas kali ini. Beliau juga berpesan agar seluruh aparat hukum Pengadilan berbenah diri demi terciptanya peradilan yang agung dan berwibawa. Beliau juga berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana belajar dan memperlebar wawasan yang seluas – luasnya untuk menyatukan tujuan membangun peradilan menuju ke arah yang lebih baik.

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

1 × 2 =