Asesor APM PTA Banjarmasin Lakukan Asesmen Eksternal di PA Tahuna

 

Hari Selasa, tanggal 24 Oktober 2017 TIM Asesor SAPM Eksternal PTA Banjarmasin datang ke Pengadilan Agama Tahuna, dengan diketuai oleh Drs. Saheruddin, (Lead Asesor) dengan 1 orang Asesor Pendamping dari PTA Sulawesi Utara.

image: http://www.pa-tahuna.go.id/po-content/uploads/20171024_093722.jpg

 ( Opening Meeting Tim asesor Eksternal PTA Tahuna dengan seluruh pegawai PA Tahuna di ruang sidang I)

 

Kedatangan tim tersebut untuk melaksanakan penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi di Pengadilan Agama Tahuna terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu. kegiatan tersebut diawali dengan opening meeting yang bertempat di ruang Sidang I Pengadilan Agama Tahuna. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga Pengadilan Agama Tahuna mulai dari Ketua, Hakim, dan Seluruh pegawai serta tenaga honorer Pengadilan Agama Tahuna.

Dalam standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah terdiri dari 3 Bab, 106 standar, 777 poin penilain. Penilaian dilakukan dengan menilai poin penilaian pada masing-masing standar. Pelaksanaan asesmen atau penilaian dilakukan selama tiga hari dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu mulai tanggal 24 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2017.

Dalam opening meeting terlebih dahulu Ketua Pengadilan Agama Tahuna H. Amirudin Hinelo, S.Ag menyampaikan sambutannya berterima kasih kepada Tim Asesor Eksternal yang telah datang ke Pengadilan Agama Tahuna yang tentunya warga Pengadilan Agama Tahuna sangat memerlukan penilaian kesesuaian dengan standar APM, masukan, kritikan dan saran untuk memaksimalkan pelayanan pada pengguna jasa di Pengadilan Agama Tahuna. Dan Ketua juga menyampaikan harapannya kepada Tim Asesor, mudah-mudahan Pengadilan Agama Tahuna minimal bisa mendapatkan nilai akreditas A, ujar beliau dengan candaan*)

Selanjutnya Ketua Tim Asesor menyampaikan bahwa kedatangan Tim di Pengadilan Agama Tahuna adalah yang kesekian kalinya, kedatangan sebelumnya adalah untuk melakukan pendampingan penerapan APM dan selama ini dibuka ruang untuk tanya jawab dan ruang untuk berdiskusi mengenai pelaksanaan APM, sedangkan kedatangan yang ketiga ini lain dari yang sebelumnya karena Tim akan melihat dan menelusuri penerapan APM di lingkungan Pengadilan Agama Tahuna tanpa metode tanya jawab atau diskusi karena temuan asesor akan dituangkan dalam form Permintaan Perbaikan.

Setelah Ketua Tim Asesor menyampaikan agendanya, Opening Meeting ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Tahuna dengan membaca lafaz hamdalah.

Kemudian para tim asesor eksternal pun melaksanakan tugasnya untuk melakukan penilaian dan penelusuran masing – masing bidang di PA Tahuna.
sumber : pa-tahuna.go.id

Baca juga

Bagikan Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Print this pageEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

5 + 4 =